Jakarta (ANTARA) - Bagi para pelari, memiliki sepatu yang nyaman dan berkualitas unggul sangat penting untuk mendukung performa dan menghindari risiko cedera.

Setiap tahun, berbagai merek sepatu olahraga meluncurkan variasi sepatu larinya dengan teknologi terbaru, terutama pada tahun 2024 ini.

Beberapa model sepatu lari hadir yang dirancang dengan mengutamakan kenyamanan, stabilitas, serta daya tahan yang lebih baik.

Berikut ini adalah rekomendasi sepatu lari terbaik di tahun 2024 yang dapat menjadi pertimbangan saat membelinya.

1. 910 Nineten Haze 1.5
Sepatu lari 910 Nineten Haze 1.5 adalah produk lokal yang tampil dalam desain modern dengan teknologi HyperWeb, Protective Upper Tech, dan Seamlock untuk mendukung performa pelari.

Sepatu ini dilengkapi dengan insole berbahan Hexa cush, dan outsole berbahan Airfle sole yang memberikan bantalan empuk saat berlari, sehingga menjaga benturan kaki di setiap langkah.

Desain upper-nya yang breathable dari bahan Mesh, membantu menjaga sirkulasi udara di dalam sepatu, sehingga kaki terasa tetap sejuk dan nyaman selama digunakan. Sepatu ini cocok digunakan untuk lari jarak pendek hingga maraton.

2. Spotec Ryder


Spotec juga menjadi salah satu merek sepatu olahraga lokal yang terkenal di Indonesia dan Ryder merupakan salah satu varian sepatu larinya menggunakan teknologi Air flow mesh construction. Sepatu ini memiliki perpaduan model sepatu tali dan slip-on.
Ryder dilengkapi dengan bantalan midsole bahan Phylon dan outsole bahan Rubber yang nyaman dan bahan upper dari knit untuk meningkatkan stabilitas saat berlari.

Spotec Ryder menjadi sepatu lari yang dapat digunakan bagi laki-laki dan wanita.
3. Ortuseight Harvard


​​​​​​​Ortuseight Harvard adalah sepatu lari yang dirancang dengan anti licin. Sepatu ini dilengkapi dengan teknologi Ort-shoX dengan sol antiselip.

Pada bagian upper terbuat dari bahan Mesh Ort Flow dan Ort-Knit, bagian midsole berbahan CumulusFoam Injection Phylon yang menambah fleksibilitas dan daya cengkeramnya.
Sol dalam sepatu ini memiliki bantalan empuk untuk menjaga kaki dari benturan lintasan, sehingga sepatu ini cocok untuk digunakan oleh pelari yang ingin menjaga kenyamanan dan performa saat berlari.

4. Nike Air Zoom Pegasus 39


​​​​​​​Nike Air Zoom Pegasus 39 adalah salah satu sepatu lari favorit dari Nike. Sepatu ini terkenal karena kenyamanan dan bantalan ekstra karena penggunaan teknologi Zoom Air Unit ganda yang terdapat di bagian depan dan tumit.
Pegasus 39 juga memiliki sol luar dengan bahan Rubber yang ringan dan empuk, memberikan kenyamanan maksimal bahkan saat digunakan untuk lari jarak jauh.

Bagian upper-nya menggunakan material Mesh yang breathable, sehingga kaki tetap sejuk selama berlari.
5. Nike Juniper Trail 3


​​​​​​​Nike Juniper Trail 3 adalah sepatu lari yang dirancang khusus untuk medan trail atau medan terjang.

Sepatu ini memiliki sol luar Rubber, sehingga cengkeramannya kuat untuk menghadapi medan jalan yang berbatu atau berlumpur dan memberikan kenyamanan.

Bagian upper-nya dibuat dengan bahan Mesh yang memberikan perlindungan kaki dari luar saat berlari di jalur outdoor.
6. Adidas Galaxy 6 Shoes


​​​​​​​Adidas Galaxy 6 Shoes adalah sepatu lari dengan desain yang simpel dengan konsep walking shoes. Sepatu ini dilengkapi dengan teknologi Cloudfoam yang memberikan bantalan empuk midsole dan fleksibel di bagian sol dalam. Selain itu, terdapat sockliner yang membuat kaki tidak mudah pegal saat memakainya, sebab kaki ditopang dengan baik.
Bagian upper-nya menggunakan material mesh yang breathable, memastikan kaki tetap sejuk dan nyaman selama berlari.

7. New Balance Trail More


​​​​​​​New Balance Trail More dirancang untuk pelari yang menyukai tantangan di medan off-road. Sepatu ini memiliki sol luar berbahan Rubber untuk memberikan cengkeraman di medan yang licin atau berbatu.
Dengan midsole berbahan Tekstil, sepatu ini memiliki bantalan yang empuk namun dan stabil, memberikan kenyamanan dan perlindungan yang optimal di jalur pegunungan atau trail. Bagian upper-nya berbahan Mesh dan Sintetis untuk melindungi bagian luar kaki dengan aman.

8. ASICS Tiger Runner II


​​​​​​​ASICS Tiger Runner II adalah sepatu lari yang menawarkan tampilan retro namun tetap modern. Sepatu ini dilengkapi dengan midsole bahan EVA yang ringan, membuatnya nyaman untuk digunakan jogging dan berlari di atas treadmill.
Sol yang tipis, keras, dan outsole Rubber yang bergelombang pada sepatu ini memberikan traksi yang kuat di permukaan aspal atau trotoar.

Selain itu memiliki bahan insole dari Synthetic resin dan bahan upper dari Synthetic leather. Desainnya yang stylish juga membuatnya cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari di luar olahraga.