Investor Strategis MidOcean, Aramco, Akan Sediakan Pendanaan Investasi

Washington--(ANTARA/Business Wire)-- MidOcean Energy (“MidOcean” atau “Perusahaan”) adalah perusahaan Gas Alam Cair (LNG) yang didirikan dan dikelola oleh EIG, investor institusi terkemuka di sektor energi dan infrastruktur global. Hari ini MidOcean dan Hunt Oil Company (“Hunt”) mengumumkan telah menandatangani perjanjian definitif, di mana MidOcean akan mengakuisisi tambahan 15% kepemilikan di Peru LNG (“PLNG”) dari Hunt.



Setelah transaksi ini selesai, kepemilikan MidOcean di PLNG akan meningkat dari 20% menjadi 35%. Aramco berperan penting dalam transaksi ini, termasuk melakukan uji tuntas teknis dan komersial serta melibatkan pemangku kepentingan utama untuk persetujuan transaksi. Transaksi ini akan didanai sepenuhnya oleh Aramco, yang akan menambah kepemilikannya di MidOcean menjadi 49%. Investasi lebih lanjut oleh Aramco di MidOcean semakin memperkuat posisi MidOcean dan Aramco di pasar LNG global serta menjadikan keduanya lebih terekspos ke satu-satunya proyek ekspor LNG di Amerika Selatan. Kepemilikan tidak langsung Aramco di PLNG akan setara dengan 17,2%. Selain EIG dan Aramco, Mitsubishi Corporation juga berinvestasi di MidOcean selain berbagai investor terkemuka lainnya.



Kepemilikan Hunt di PLNG akan berkurang dari 50% menjadi 35% dan akan tetap menjadi operator PLNG setelah transaksi ini. Hunt tetap memiliki 25,2% saham di proyek hulu Camisea di Peru. Hunt telah berinvestasi di Peru sejak tahun 2000 dan berkomitmen untuk melanjutkan sejarah panjang investasinya di Peru maupun keunggulan operasionalnya di proyek PLNG.



PLNG memiliki dan mengoperasikan fasilitas ekspor LNG satu-satunya di Amerika Selatan, yaitu di Pampa Melchorita, 170 kilometer selatan Lima, Peru. Aset PLNG terdiri dari pabrik pencairan gas alam dengan kapasitas pemrosesan 4,45 mmtpa; jaringan pipa sepanjang 408 kilometer yang dimiliki sepenuhnya dan berkapasitas 1.290 mmcf/hari; dua tangki penyimpanan berkapasitas 130.000 m3; terminal laut sepanjang 1,4 kilometer yang dimiliki sepenuhnya; dan fasilitas pemuatan truk dengan kapasitas hingga 19,2 mmcf/hari. PLNG dioperasikan oleh Hunt dan merupakan salah satu dari dua fasilitas produksi LNG di Amerika Latin.



Kata De la Rey Venter, CEO MidOcean: “Kami senang dapat meningkatkan kepemilikan kami di PLNG, aset strategis yang sejalan dengan visi MidOcean untuk menciptakan portofolio LNG yang bersifat global, beragam, dan tangguh. Kami tetap memiliki keyakinan kuat terhadap dasar-dasar jangka panjang pasar LNG dan kekuatan posisi PLNG yang unik sebagai satu-satunya fasilitas ekspor LNG di Amerika Selatan. Kami harap dapat memperkuat kemitraan dengan Hunt Oil maupun mitra usaha PLNG lainnya dan terus mendukung dampak positif proyek ini terhadap pasar energi Peru.”



Mark Gunnin, CEO Hunt, mengatakan: “Kami berfokus pada penempatan proyek PLNG di masa mendatang. Dan kemitraan dangan MidOcean adalah langkah strategis yang tepat untuk mewujudkannya.”



Morgan Stanley bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif bagi MidOcean dalam transaksi tersebut, dan Latham & Watkins bertindak sebagai penasihat hukum. Bracewell LLP bertindak sebagai penasihat hukum bagi Hunt.



Tentang EIG

EIG adalah investor institusi terkemuka di sektor energi dan infrastruktur global dengan dana kelolaan sebesar $24,9 miliar per 30 Juni 2024. Spesialisasi EIG adalah investasi swasta di bidang energi dan infrastruktur energi secara global. Selama 42 tahun, EIG telah berkomitmen sebesar $48,6 miliar di sektor energi untuk lebih dari 413 proyek atau perusahaan di 42 negara di enam benua. Klien EIG terdiri dari banyak program pensiun, perusahaan asuransi, dana abadi, yayasan, dan dana kekayaan negara yang terkemuka di A.S., Asia, dan Eropa. EIG berkantor pusat di Washington, D.C. dan kantornya di Houston, London, Sydney, Rio de Janeiro, Hong Kong, dan Seoul.



Tentang MidOcean Energy

MidOcean Energy adalah perusahaan LNG yang didirikan dan dikelola oleh EIG. MidOcean Energy berupaya membangun portofolio LNG global yang terdiversifikasi, tangguh, dan kompetitif dalam hal biaya dan karbon. Hal ini mencerminkan keyakinan EIG tentang LNG sebagai faktor kritis dalam transisi energi dan semakin pentingnya LNG sebagai sumber daya energi yang strategis secara geopolitik. MidOcean Energy dipimpin oleh De la Rey Venter, seorang tokoh senior di industri ini selama 26 tahun. Beliau telah menjabat berbagai peran eksekutif senior, termasuk sebagai Global Head LNG di Shell Plc.



Tentang Hunt Oil Company

Didirikan pada tahun 1934, Hunt adalah salah satu perusahaan minyak dan gas swasta independen terbesar di Amerika Serikat. Hunt berkantor pusat di Dallas, Texas, sedangkan operasional utamanya di Peru, Amerika Serikat, dan Daerah Kurdistan Irak, serta proyek eksplorasi di Tunisia dan Maroko. Hunt adalah perusahaan eksplorasi internasional yang aktif dan telah melakukan pengeboran di semua benua kecuali di Antartika.



Untuk informasi selengkapnya, harap kunjungi situs web EIG di www.eigpartners.com atau situs web MidOcean Energy di www.midoceanenergy.com.



Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.



Kontak



Informasi Kontak EIG

FGS Global
Kelly Kimberly/Brandon Messina
+1 212-687-8080



Informasi Kontak Hunt
Paul Schulze
+1 214-978-8534



Sumber: EIG