Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur, yakni Ferdy Andreansyah, Fatchur Roji, Putra Tri Ramadani, dan Khoirul Anam berjaya dengan meraih medali emas di nomor boulder tim putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Pada pertandingan yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Rabu malam, Ferdy Andreansyah dan kawan-kawan meraih skor tertinggi, dengan meraih tiga top dan tiga zone untuk masing-masing empat kali percobaan di top maupun zone.

Prestasi Ferdy Andreansyah dan kawan-kawan tersebut menambah perolehan emas Jatim menjadi lima medali, melengkapi empat perak dan dua perunggu.

Medali perak diraih kontingen Jawa Tengah, yakni Achmad Tegar Prasojo, Afrian Dwisna Zain, Ahmad GmHafid Robiaturrochim, dan Wahyu Ragil Widyatama.

Achmad Tegar Prasojo dan kawan-kawan meraih skor satu top dan tiga zone, dengan satu kali percobaan top dan enam kali zone.

Sedangkan medali perunggu diraih kontingen Jawa Barat, yakni Alpian Zuhri, Jasmico Pamumade, Bim Sigrid, dan Malik Al Faris dengan skor tiga zone dengan tujuh kali percobaan.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 13 di antaranya sudah final, yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri, boulder perorangan putra dan putri, lead perorangan putra dan putri, serta boulder tim putra dan lead tim putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - dua emas diperebutkan Rabu setelah sempat tertunda