Medan (ANTARA) - Tim bola voli Jawa Barat bakal berupaya mempertahankan dominasi mereka di cabang olahraga tersebut baik di nomor putra maupun putri menyongsong partai final Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Kamis ini.

Jawa Barat tercatat merupakan peraih medali emas pada gelaran PON XX Papua 2021 dan tim Bumi Pasundan tentu memiliki keinginan kuat untuk mempertahankan medali emas di PON XXI.

Tim putri Jawa Barat tercatat sukses melaju ke partai final setelah mengalahkan Jawa Tengah di semifinal dengan skor meyakinkan 3-0 (25-21, 25-18 dan 25-22).

Shella Bernadetha serta kolega tercatat sama sekali belum merasakan kekalahan pada gelaran PON XXI ini dengan mencatatkan enam kemenangan beruntun sejak babak penyisihan hingga semifinal.

Skuad asuhan Risco Herlambang selanjutnya akan berjumpa dengan Jawa Timur pada partai final di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Kamis pukul 16.00 WIB.

Jawa Timur tercatat pernah Jawa Barat kalahkan pada babak penyisihan, namun tentu kali ini situasinya akan berbeda karena skuad asuhan Alim Suseno kini diperkuat pemain Megawati Hangestri Pertiwi yang merupakan pemain klub Korea Selatan Red Sparks.

Baca juga: Tim bola voli putri Jawa Timur melaju ke final tantang Jawa Barat
Baca juga: Bola Voli - Jateng ke final usai gunduli Jakarta 3-0


Pada nomor putra, tim Jawa Barat akan berjumpa dengan Jawa Tengah yang akan digelar di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Kamis (19/9) pukul 18.30 WIB.

Pertandingan ini dapat dikatakan sebagai final ideal, karena baik Jawa Barat ataupun Jawa Tengah sama sekali belum pernah mencicipi kekalahan hingga mampu mencapai partai puncak.

Kedua tim ini juga masing-masing merupakan pemuncak babak penyisihan, di mana Jawa Barat memuncaki Pool B, sedangkan Jawa Tengah perkasa di Pool A.

Selain pertandingan final, pada Kamis juga akan menyajikan partai perebutan medali perunggu di mana pada nomor putra ada laga DKI Jakarta berjumpa dengan Jawa Timur, sedangkan pada nomor putri ada laga DKI Jakarta menghadapi Jawa Tengah.

Berikut jadwal final cabang olahraga voli indoor PON Aceh Sumut 2024, Kamis (19/9):

Putri

Perebutan tempat ketiga: DKI Jakarta vs Jawa Tengah 11.00 WIB

Final: Jawa Timur vs Jawa Barat 16.00 WIB

Putra

Perebutan tempat ketiga: DKI Jakarta vs Jawa Timur 13.30 WIB

Final: Jawa Tengah vs Jawa Barat 18.30 WIB.

Baca juga: Sukses arung jeram di PON XXI pendorong sport tourism di Sumut
Baca juga: Antisipasi cuaca ekstrem, panitia padatkan jadwal woodball PON