Banda Aceh (ANTARA) - Panitia cabang olahraga woodball Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 melakukan pemadatan jadwal pertandingan mengantisipasi cuaca ekstrem yang beberapa hari terakhir melanda lokasi pertandingan yakni Lapangan Golf Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

Pertandingan di hari ini, Rabu, mulanya hanya akan mempertandingkan babak final nomor single stroke putra dan putri. Namun, pihak panitia memutuskan untuk melangsungkan, pada hari yang sama, pertandingan double mix fairway yang tertunda akibat hujan lebat pada Selasa (17/9) dan babak final double stroke putra yang rencananya digelar pada Kamis (19/9).

Technical Delegate woodball PON XXI Aceh-Sumut 2024 Nurhasanah menjelaskan, pemadatan jadwal diterapkan guna mengantisipasi adanya nomor pertandingan yang tidak tuntas dilombakan atau tidak berjalan dengan maksimal akibat guyuran hujan lebat yang sewaktu-waktu bisa datang.

"Akhirnya kami coba, dengan melihat kondisi cuaca, sehingga kami mainkan sepadat mungkin atlet-atlet itu. Kami himbau kepada seluruh manajer kontingen untuk bersiap kapan pun dipanggil untuk dimainkan, semua atlet harus siap mengingat kondisi (cuaca) cukup ekstrem ya," kata Nurhasanah saat ditemui di Lapangan Golf Lampuuk, Rabu.

Ia mengakui dengan jadwal pertandingan yang dipadatkan, berdampak kepada stamina atlet-atlet yang bertanding.

Namun, Nurhasanah menilai bahwa performa para atlet di lapangan masih cukup baik mengingat selama menjalani persiapan di Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda), mereka terbiasa untuk latihan di lapangan sepanjang hari.

"Selama Pelatda yang saya tahu, hasil dari laporan semua provinsi, mereka itu sepanjang hari memang ada di lapangan sehingga kita mainkan mereka, misalnya ada yang dua nomor untuk hari ini, performa mereka saya yakin dan saya lihat masih oke," ujarnya.

Baca juga: Jawa Tengah rebut emas woodball double stroke putra
Baca juga: Woodball - Banten bawa pulang emas kedua dari single stroke putri


Nurhasanah menambahkan, pihaknya selalu mengomunikasikan terlebih dahulu setiap perubahan terkait jadwal pertandingan kepada para kontingen peserta dan setiap keputusan diambil atas persetujuan mereka.

"Kami ambil keputusan itu, kami kembalikan semuanya ke pihak manajer kontingen jadi tidak ada konflik lah," tegasnya.

Menurutnya, dalam pertandingan cabang olahraga di ruang terbuka (outdoor) pihak panitia selalu menyisakan satu atau dua hari sebagai waktu cadangan.

Hari cadangan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan apabila terjadi perubahan jadwal mendadak karena faktor cuaca, termasuk penundaan pertandingan.

"Kalau di bulan-bulan yang cuaca panas itu aman, mungkin kasih spare satu hari aman. Tapi kalau mulai September ke sana itu saya ambil spare hari minimal dua hari karena cuaca tidak bisa kita atur," katanya.

Adapun cabang olahraga woodball PON XXI Aceh-Sumut 2024 masih menyisakan satu pertandingan terakhir pada Kamis (19/9) yakni babak final double stroke putri yang diikuti oleh agenda Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) kepada para peraih medali.

Baca juga: KONI apresiasi aksi cepat atasi venue terdampak cuaca ekstrem
Baca juga: Imam Syahrudin nilai perlu evaluasi diri terhadap angkatan squatnya