Banda Aceh (ANTARA) - Banten membawa pulang emas kedua woodball PON Aceh-Sumatera Utara 2024 setelah memenangkan laga final nomor single stroke putri di Lapangan Golf Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, pada Rabu.

Elva Selfiana Lumbanraja maju mewakili Banten guna menghadapi Siti Masithah dari Jawa Barat dan Aileen Christabel Melati Putri dari Jawa Timur untuk menyelesaikan 12 fairway (lintasan di jalur yang sama).

Elva menyelesaikan 12 fairway dengan total 58 pukulan yang dua fairway di antaranya dirampungkan hanya dengan tiga pukulan.

Kemudian, perolehan pukulan dalam final diakumulasikan dengan jumlah pukulan fase penyisihan, yakni 102 pukulan, dalam 24 fairway sehingga total menjadi 160 pukulan.

Dengan begitu, dia memuncaki klasemen untuk menyabet medali emas.

Medali perak diraih Siti Masithah yang mencatatkan pukulan paling sedikit pada pertandingan final dengan 55 pukulan, atau lebih unggul dari dua lawannya.

Baca juga: Jawa Tengah sabet emas woodball di nomor single stroke putra

Namun, karena diakumulasikan dengan jumlah pukulan pada babak penyisihan, Siti mengumpulkan nilai akhir 164 pukulan.

Medali perunggu direbut atlet Jawa Tengah Febriyanti yang bertanding di jalur lain bersama I Gusti Ayu Putu Ananda Santhika Artawan dari Bali dan Nur Alia dari Kalimantan Timur yang menggantikan wakil Aceh, Lisa Jannah.

Lisa mengundurkan diri dari babak final untuk bertanding dalam nomor double mix fairway karena menggantikan rekan satu timnya yang cedera.

Febriyanti menyabet medali perunggu karena unggul dalam akumulasi pukulan babak penyisihan dan final dengan 170 pukulan, sedangkan Ayu mengumpulkan 172 pukulan dan Nur Alia 174 pukulan.

Aileen gagal memperoleh medali kendati akumulasi nilainya sama dengan Febriyanti. Akan tetapi, pada pertandingan final jumlah pukulannya lebih banyak ketimbang Febriyanti, 63 berbanding 59 pukulan.

Baca juga: Pertandingan woodball double mix fairway digelar besok akibat hujan