Medan (ANTARA) - Tim esport Sumatera Utara (Sumut) meraih medali emas pada nomor Mobile Legends Bang Bang (MLBB) usai mengalahkan Bali dalam empat babak pada PON Aceh-Sumut 2024 yang diselenggarakan di Medan International Convention Center (MICC), Rabu.

Pada match pertama, Sumut yang menurunkan komposisi hero Phoveus, Harith, Chou, Akai, dan Aurora sempat kesulitan menghadapi Bali yang mengeluarkan komposisi hero Hylos, Fanny, Zhask, Karrie, dan Minshittar.

Pada lima menit awal Bali unggul atas tuan rumah dengan skor 7-4 dan sepuluh menit awal dengan 13-10, namun Sumut sukses mendapatkan turtle dua kali.

Kekalahan Bali pada match ini terlihat saat Sumut sukses memanggil Lord dan akhirnya menghancurkan base tower Bali pada menit 13, walaupun skor untuk Bali 17-18.

Sedangkan salah satu pemain dari Sumut, Kenny yang menggunakan Harith sebagai hero menjadi Most Valuable Player (MVP) dengan raihan kill/death/assist (K/D/A) 7/0/7, kemudian damage yang diberikan 66.672 point damage dan 11.455 gold.

Berlanjut pada babak dua, Bali yang berusaha menyamakan kedudukan menggunakan komposisi hero Roger, Hylos, Natan, Mathilda, dan Valentina sementara Sumut yang ingin menyelesaikan babak ini menggunakan komposisi hero Ling, Edith, Karrie, Yve, dan Khufra.

Pada lima menit awal Sumut sudah unggul atas Bali dengan skor 7-0 dan ketimpangan ini membuat Sumut semakin sulit ditaklukkan bahkan Sumut berhasil mendapatkan Lord.

Akhirnya pada menit 9 Sumut kembali menaklukkan Bali di babak kedua dengan skor telak 19-1.

Kenny yang menggunakan hero Karrie kembali menjadi MVP dengan raihan K/D/A, 6/0/7, lalu damage yang diberikan 37.000 point damage, dan meraih 8.928 gold.

Pada babak ketiga Sumut menggunakan komposisi hero Harith, Edith, Akai, Yve, Khufra dan di pihak Bali menggunakan komposisi hero Terizla, Fanny, Valentina, Lunox, dan Grock.

Secara mengejutkan Bali sukses mencuri kemenangan dengan skor 22-18 walaupun Sumut berhasil memanggil Lord, namun sayang saat pemanggilan Lord, semua hero Sumut dikalahkan oleh Bali.

Dhimas dari Bali yang menggunakan Terizla sukses meraih MVP dengan hasil K/D/A, 4/1/5 dan poin damage yang diberikan 54.101 dan raih 8.761 gold.

Baca juga: Kalahkan Jabar, tim esport Bali kembali tantang Sumut di final MLBB

Memasuki babak keempat Sumut yang tidak mau kalah lagi memilih komposisi hero Harith, Terizla, Ling, Aurora, dan Mathilda, sedangkan Bali menurunkan komposisi hero Roger, Lunox, Chou, Novaria, dan Hylos.
Sumut yang seolah percaya diri akan meraih emas bermain langsung bermain ofensif pada delapan menit pertama, Sumut sudah unggul 7-1 atas Bali.

Pada menit 11 akhirnya tim yang terdiri dari Crisman Agus, Adhitya Zulkarnaen, Kenny Ramadhan, Dio Ananda, dan Garry Elwandatanta menghancurkan base tower dan menyudahi perlawanan Bali dengan skor 15-3.

Garry yang menggunakan hero Ling berhasil menjadi MVP dengan hasil K/D/A, 4/0/11 dan poin damage yang diberikan 41.240 dan raih 8.603 gold.

Sementara itu kapten tim Crisman mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang telah mendukung tim Sumut hingga meraih medali emas.

"Saya mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian terima kasih buat orang tua, berkat doa mereka kita bisa juara dan Terima kasih buat suporter yang telah hadir, " katanya.

Berikut hasil perolehan medali esport nomor MLBB:
Emas - Sumatera Utara
Perak - Bali
Perunggu - Jawa Barat

Baca juga: Esport - Jabar juara nomor ekshibisi Honor of Kings
Baca juga: Esport - Kalahkan Bali dua babak sekaligus, Sumut maju ke final MLBB