Banjarbaru, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Kalsel Expo dengan menghadirkan 225 stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan yang berlangsung di Lapangan Dr. Murjani, Kota Banjarbaru pada 18-22 September 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel Roy Rizali Anwar di Banjarbaru, Rabu, mengatakan Kalsel Expo menjadi wadah eksplorasi mempertemukan berbagai potensi ekonomi dari berbagai sektor dengan menyajikan pameran dan parade keunggulan produk terbaik.

Ia menyebutkan produk terbaik yang disajikan mulai dari karya inovatif UKM binaan pemerintah daerah, produk berkualitas dari perusahaan nasional, hingga berbagai produk atau komoditas unggulan bertaraf internasional.

Roy menyampaikan penyelenggaraan Kalsel Expo 2024 sebagai ajang pameran dan promosi, serta rangkaian dari perayaan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan.

"Sehingga segala potensi daerah dapat terus berkembang dan mampu bersaing di kancah global," ujarnya.

Ia menilai Kalsel Expo 2024 bakal menumbuhkan perekonomian daerah hingga ke level yang lebih tinggi melalui inovasi dan kreativitas produk lokal.

Hal tersebut, menurut Roy, merupakan modal berharga untuk meningkatkan daya saing di pasar nasional maupun internasional.

Roy menyebutkan Kalsel Expo 2024 pun menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan kolaborasi yang menjadi ciri khas masyarakat Kalsel.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif, yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ucap Roy.

Ia mengharapkan Kalsel Expo 2024 membantu UMKM untuk membuka jaringan pasar dan global dengan memberikan pelatihan kemasan lokal yang memenuhi standar agar meningkatkan level UMKM dengan narasumber dari berbagai praktisi produk.

Roy pun mengimbau pameran tersebut menjadi batu loncatan dan langkah awal untuk memperkenalkan potensi Kalsel ke mata dunia sehingga memperkuat ekonomi lokal, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Kalimantan Selatan miliki 1.705 BUMDes
Baca juga: Pemprov Kalsel bantu pembinaan industri UMKM raih sertifikat halal
Baca juga: PUPR Kalsel: Pembangunan Tugu Nol Kilometer selesai sesuai target