Medan (ANTARA) - Pebiliar Jawa Barat Dhendy Khristanto bertekad mempertahankan gelar juara nomor snooker six reds single pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 setelah ia memperbesar peluang untuk kembali meraih emas di nomor tersebut usai melangkah ke semifinal.

"Pada PON Papua saya dapat emas di nomor ini sehingga kali ini target saya juga emas untuk mempertahankan gelar juara," ujar Dhendy kepada ANTARA setelah pertandingan di Pardede Hall, Medan, Rabu.

Dhendy mengemukakan hal itu setelah meraih kemenangan melawan pebiliar Kalimantan Selatan Gebby Putra pada babak perempat final nomor six reds single putra cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024.

Dengan kemenangan itu, ia memastikan tempat di semifinal untuk menantang wakil Sumatera Utara Diko Pito Perdana.

Dhendy mengatakan memiliki motivasi besar untuk mempertahankan tren kemenangan hingga meraih emas pada nomor yang dimainkan.

Tidak hanya untuk mempertahankan gelar juara, lanjut dia, namun juga untuk meraih emas pertama tim Jawa Barat yang hingga saat ini belum mengantongi satu pun medali emas dari cabang olahraga biliar.

Hingga Rabu (18/9) malam, Jawa Barat masih bertengger di peringkat delapan klasemen cabang biliar dengan perolehan tiga perak dan sembilan perunggu.

Baca juga: Dhendy menangkan laga sesama peraih perunggu biliar SEA Games 2023

"Jadi target saya medali emas di nomor ini," ujar Dhendy.

Pada PON Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung 9-19 September, cabang biliar mempertandingkan lima nomor utama yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker.

Turnamen diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri. Para atlet berasal dari 32 provinsi yaitu, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara.

Selain itu, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo.

Baca juga: Marlando sebut tiga emas biliar PON jadi motivasi ke ajang mancanegara
Baca juga: Pebiliar Rudy raih emas keempat untuk Jakarta usai lawan undur diri