Sidoarjo (ANTARA) - Peserta tes kolesterol gratis dengan peserta terbanyak yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, berhasil memecahkan rekor serta tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Piagam penghargaan MURI tersebut diserahkan Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri kepada Direktur PT Pharos Indonesia dr. Mariani Leman dan Plt Bupati Sidoarjo Subandi di Masjid Agung Sidoarjo, Rabu.

"Kami mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa tes kolesterol gratis dengan peserta terbanyak yang digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berhasil tercatat MURI. 2.500 orang peserta hasil verifikasi kami," ujar Yusuf Ngadri.

Plt Bupati Sidoarjo Subandi mengatakan kegiatan tersebut selain dalam rangkaian Maulud Nabi Muhammad SAW juga sebagai upaya menjaga kesehatan jasmani dan rohani masyarakat, khususnya warga Sidoarjo.

"Kami ingin mengajak ibu-ibu Majelis Talim Az-Zahra ikut memberikan kontribusinya dalam pembangunan kesehatan dengan menggelar kegiatan seperti ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Bogor pecahkan 3 rekor MURI di puncak peringatan Hari Pramuka
Ia mengatakan, kegiatan seperti ini menjadi upaya menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

"Dua-duanya itu telah dilakukan Majelis Talim Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo. Kegiatan ini ikut memberikan kontribusinya dalam pembangunan kesehatan dengan menggelar kegiatan seperti ini," ucapnya.

Subandi berharap Majelis Talim Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo dapat terus berkegiatan serta dapat terus berkontribusi bagi pembangunan Kabupaten Sidoarjo.

"Kita sebagai pimpinan daerah akan terus memberikan dukungan agar Kabupaten Sidoarjo menjadi daerah yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur," ucapnya.

Ketua Majelis Ta'lim Bunda Muslimah Az-Zahra Sidoarjo Dwi Yenny Nurul Fajariyah mengatakan ada 2.500 jamaahnya yang hadir dalam kegiatan kali ini. Selain mengikuti pengajian, mereka juga mendapatkan pemeriksaan gratis kadar kolesterol. Dirinya bekerjasama dengan PT. Pharos Indonesia untuk menggelar kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah ngaji di Az-Zahra dapat ilmunya, dapat silaturahminya dan juga dapat sehatnya," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Karawang raih rekor MURI bentuk peta daerah dari nasi tumpeng