Kabupaten Deli Serdang (ANTARA) - Atlet cabang olahraga atletik dari tim Jawa Barat (Jabar) Tresna Puspita memecahkan rekor Pekan Olahraga Nasional (PON) nomor lontar martil putri dalam PON Aceh-Sumatera Utara 2024.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu, Tresna berhasil melempar martil sejauh 52,44 meter.

Atlet berumur 28 tahun itu memecahkan rekor milik Rose Herlinda asal DKI Jakarta, yang mencatatkan lemparan sejauh 51,2 meter, saat PON Jawa Barat 2016.

Walau begitu, Tresna belum mampu memecahkan rekor nasional yang juga dicatatkan atas nama Rose Herlinda pada 15 Desember 2019. Masa itu, atlet Jakarta tersebut melempar martil sejauh 54,12 meter.

Sementara, peringkat kedua atau perak nomor lontar martil putri pada PON tahun ini diraih Natasya Mahdalita. Rekan Tresna di Jabar ini berhasil melempar sejauh 50,9 meter.

Baca juga: Jakarta penguasa tunggal podium lompat galah putri

Menguntit di urutan ketiga, wakil dari DKI Jakarta Syachrina Husein yang membukukan lemparan sejauh 48,56 meter.
Sedangkan wakil tuan rumah Sumatera Utara Pramoedyastri Sufa harus puas berada di posisi buncit dengan lemparan sejauh 35,46 meter.

Nomor lontar martil putri diikuti enam peserta dari lima provinsi, yakni Jawa Barat (dua atlet), DKI Jakarta, Riau, Papua Tengah, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Atletik - Jakarta sabet emas nomor bergengsi 4x100 meter putra
Baca juga: Bali tambah medali emas dari 4x400 meter estafet putri