Medan (ANTARA) - Pebiliar Jawa Barat Dhendy Khristanto melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan wakil Kalimantan Selatan Gebby Putra pada babak perempat final nomor snooker six reds single putra PON Aceh-Sumut 2024 di Pardede Hall, Medan, Rabu.

Kedua pebiliar adalah pasangan yang pernah mewakili Indonesia untuk mengikuti kompetisi biliar SEA Games 2023 pada nomor snooker double putra. Dalam ajang itu, Dhendy/Gebby meraih medali perunggu.

Keduanya pun kembali dipertemukan, hanya saja kali ini bertemu sebagai lawan dalam laga biliar PON yang dimenangkan Dhendy dengan skor tipis 4-3.

Dalam laga itu, Dhendy mendominasi pada dua set pertama untuk mencatatkan skor 2-1. Perlawanan balik Gebby mampu memperkecil skor menjadi 1-2.

Dhendy kembali menambah keunggulan pada set berikut untuk mengubah skor menjadi 3-1. Persaingan semakin ketat ketika Gebby mengantongi dua kemenangan berturut-turut untuk menyamakan skor menjadi 3-3.

Pada set terakhir, keduanya bermain dengan sangat hati-hati dan saling mengunci permainan lawan, hingga Dheny mendapatkan sebuah peluang pada akhir laga yang berhasil dieksekusi dengan sempurna untuk meraih kemenangan.

Baca juga: Marlando sebut tiga emas biliar PON jadi motivasi ke ajang mancanegara

"Memang saya sudah memimpin 3-1 tetapi Gebby lawan tangguh yang menginginkan kemenangan untuk laga ini, namun saya juga memaksimalkan peluang sehingga menang," ujar Dhendy kepada ANTARA setelah pertandingan.

Ia mengatakan, sudah mengenal Gebby sejak lama dan keduanya saling memahami kemampuan mereka. Hal itu yang membuat pertandingan berlangsung dengan sangat ketat.

Dhendy menambahkan, setelah kemenangan tersebut, ia mempersiapkan diri untuk menghadapi laga semifinal melawan wakil dari Sumatera Utara.

Ia berharap meraih hasil terbaik pada laga selanjutnya untuk menembus babak final serta bisa mempersembahkan medali emas pertama untuk Jawa Barat pada cabang biliar.

Hingga Rabu (18/9) malam, Jawa Barat bertengger di posisi delapan klasemen sementara cabang biliar dengan perolehan tiga perak dan delapan perunggu.

Baca juga: Pebiliar Rudy raih emas keempat untuk Jakarta usai lawan undur diri
Baca juga: Pebiliar Marlando raih tiga emas untuk Sumut dengan alat pinjaman