Medan (ANTARA) - Pebiliar Sumatera Utara Marlando Sihombing mengungkapkan tiga medali emas yang diraihnya pada PON Aceh-Sumut 2024 memotivasi dirinya melangkah ke kejuaraan level mancanegara.

"Ada kejuaraan ke depan yang saya targetkan yaitu SEA Games dan juga ada niat besar untuk bisa ikut kejuaraan Asia," ujar Marlando kepada ANTARA di Medan, Rabu.

Marlando telah menyumbangkan tiga emas untuk menambah perolehan emas tuan rumah menjadi lima emas dari biliar.

Dua emas pertama diraih Marlando saat bermain ganda bersama Jaka Kurniawan Ginting pada nomor english billiar frame double dan english billiard 250 point double.

Ia menambah emas ketiga saat memenangkan laga final english billiard 100 frame single.

Baca juga: Pebiliar Rudy raih emas keempat untuk Jakarta usai lawan undur diri

Bagi Marlando, tiga emas itu merupakan pencapaian gemilang karena baru pertama kali dia raih dalam ajang PON. Prestasi tersebut, kata dia, menjadi motivasi baginya dalam menatap kejuaraan mancanegara.

Dia berjanji akan mempersiapkan diri mengikuti seleksi SEA Games 2025, ajang yang pernah diikutinya tiga kali pada 2015, 2017, dan 2019.

Selain SEA Games, Marlando juga berkeinginan besar mengikuti ACBS Asian Snooker Championship pada Maret 2025.

"Niat saya ingin ikut tetapi nanti lihat dahulu kondisi keuangan," ujarnya.

Kondisi keuangan, kata dia, menjadi aspek penentu karena untuk mengikuti kejuaraan Asia memang membawa nama negara namun biasanya biaya ditanggung atlet.

Baca juga: Pebiliar Marlando raih tiga emas untuk Sumut dengan alat pinjaman