Hong Kong (ANTARA) - Kelinci, kue bulan, lampion merah, naga api.... Sebuah pertunjukan drone digelar di langit Victoria Harbor di Hong Kong, China selatan, pada Selasa (17/9) malam waktu setempat, dengan 1.000 drone membentuk berbagai formasi yang memeriahkan Festival Pertengahan Musim Gugur untuk menyampaikan berkat liburan.

"Hong Kong memiliki suasana perayaan yang meriah! Sangat istimewa bisa melihat beragam elemen budaya tradisional China di langit," kata seorang wisatawan bermarga Ji dari Beijing, yang datang ke Hong Kong bersama keluarganya untuk merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur.

Berbagai perayaan telah dimulai menjelang festival tersebut. Tarian Naga Api Tai Hang dimulai pada Senin (16/9), menarik banyak pengunjung untuk menyaksikan tradisi yang sudah lama berlangsung di Hong Kong itu.

Tarian Naga Api Tai Hang merupakan sebuah warisan budaya takbenda setempat yang terpilih sebagai salah satu Contoh Luar Biasa dari Praktik yang Baik untuk Melindungi Warisan Budaya Takbenda Nasional China pada 2019.

Acara tahun ini menampilkan sebuah naga api sepanjang 67 meter yang terbuat dari batang-batang dupa dan diusung oleh 300 pemain serta diiringi untuk pertama kalinya oleh naga api versi LED sepanjang 20 meter yang dibawa oleh sekitar 100 anak. Mereka berparade di jalanan Tai Hang, sebuah kawasan permukiman di sekitar Victoria Park, Hong Kong.
Warga menonton tarian naga selama Festival Pertengahan Musim Gugur di Hong Kong, China, 17 September 2024. ANTARA/Xinhua/Chen Duo


Karnaval lampion berskala besar digelar di Hong Kong. Karnaval yang diadakan di Victoria Park itu memamerkan lampion-lampion tentang empat aspek utama kehidupan sehari-hari, yakni pakaian, makanan, tempat tinggal, dan perjalanan.

Pertunjukan lampion tahun ini menyuguhkan banyak hal menarik, termasuk pakaian tradisional China, hidangan khas lokal, dan panda raksasa, yang menggaet banyak orang untuk berfoto di depannya.

Suasana meriah di Hong Kong akan terus berlanjut seiring dengan makin dekatnya Hari Nasional. Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong John Lee mengatakan lebih dari 400 kegiatan akan diselenggarakan di Hong Kong untuk merayakan peringatan 75 tahun berdirinya Republik Rakyat China.

Berbagai kegiatan utama mencakup upacara pengibaran bendera dan resepsi Hari Nasional pada 1 Oktober pagi, serta pertunjukan kembang api pada malam harinya. Pemerintah SAR Hong Kong juga akan memberlakukan beragam penawaran khusus yang mencakup berbagai bidang, termasuk transportasi umum, budaya, seni, dan rekreasi, demi mendorong partisipasi masyarakat dalam berbagi suka cita di Hari Nasional.