Deli Serdang (ANTARA) - Jawa Tengah (Jateng) mengunci juara umum cabang olahraga bulu tangkis Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 lebih cepat setelah wakilnya dipastikan mendapatkan tambahan dua emas dari nomor tunggal putra dan ganda putri.

Tambahan dua emas itu dipastikan oleh tunggal putra dan ganda putri mereka yang menciptakan "All Jateng Final" pada laga besok Kamis (19/9).

Pada semifinal di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang, Rabu, tunggal putra Zaki Ubaidillah dan Richie Duta Ricardo mengalahkan wakil-wakilnya.

Ubaid menaklukkan unggulan ketiga dari Jawa Barat Fachri Akbar Romadhon dengan skor 21-15, 21-11, sedangkan Richie yang merupakan unggulan keempat menghentikan langkah wakil Jawa Timur yang merupakan unggulan kedua Muhammad Rizky Akbar dengan skor 22-20, 8-21, 21-8.

Untuk sektor ganda putri, Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma melangkah ke final setelah mengalahkan wakil DKI Jakarta Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayani dengan skor 22-20, 16-21, 21-12.

Langkah mereka kemudian diikuti oleh Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina yang menang 21-16, 21-19 atas pasangan Aceh Mutia Dita Ainul Baroroh/Rista Berlian Maharani.

Baca juga: Bulu tangkis - Singkirkan dua teratas, Sausan dan Aurelia temu di final

Pelatih bulu tangkis Jateng nomor tunggal Hayom Rumbaka mengatakan sangat bersyukur atas prestasi ini, terlebih Jateng pada edisi PON sebelumnya hanya mendapatkan satu perak dan dua perunggu.

Prestasi ini mengulangi torehan Jateng di PON 2012 yang menjadi juara umum bulu tangkis dengan tiga emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

"Ya memang kan target awalnya satu emas, kalau nambah-nambah terus ya bersyukur. Tidak tahu nambahnya berapa," kata Hayom ketika ditemui awak media, Rabu.

Setelah memastikan empat emas yang berasal dari beregu putra, beregu putri, tunggal putra, dan ganda putri, Jateng masih dapat menambah medali emas mereka setelah menempatkan wakilnya di final tunggal putri dan ganda campuran.

Baca juga: Bulu tangkis - Zaki dan Richie ciptakan "All Jateng final"
Baca juga: Ada kebanggaan bagi Mutia/Rista setelah jadi wakil Aceh di semifinal