Banda Aceh (ANTARA) - Kalimantan Timur meloloskan atlet mereka ke enam nomor pertandingan di partai final tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

"Alhamdulillah atlet kami tiga orang lolos di nomor tarung dan tiga atlet di nomor seni gerak," kata pelatih kepala tarung derajat Kaltim Nur Fajeriah di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan tiga atlet yang lolos ke partai final tarung bebas terdiri dari dua putra dan satu putri setelah berhasil mengalahkan lawan mereka di babak semifinal.

Sementara itu untuk nomor seni gerak ada di tiga nomor yakni tunggal putra, tunggal putri, dan getar campuran.

"Partai final akan digelar esok dan mudah-mudahan kami jadi yang terbaik meraih medali emas," kata dia.

Menurut dia dengan komposisi yang ada sekarang pihaknya optimistis dapat mencapai target yang diberikan KONI Kaltim yakni dua medali emas.

Ia mengatakan anak asuhnya berada dalam kondisi baik dan siap berlaga pada partai final yang digelar Kamis (19/9).

"Kami optimistis dan saat ini anak-anak harus istirahat yang cukup agar dapat tampil maksimal di partai final," kata pelatih wanita yang meraih medali emas tarung derajat PON Kaltim 2008 dan PON Riau 2012 ini.

Sebelumnya cabang olahraga tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 telah merampungkan babak semifinal nomor tarung dan babak penyisihan nomor seni gerak pada hari ketiga pertandingan di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) pada Rabu.

"Kami sudah mendapatkan atlet yang lolos ke partai final baik nomor tarung derajat maupun seni gerak," kata Sang Guru Badai di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Tarung derajat rampungkan babak semifinal nomor tarung

Ia mengatakan ada 14 nomor pertandingan final nomor tarung bebas putra dan putri.

"Besok akan diketahui yang meraih medali emas dan juara umum dari cabang olahraga tarung derajat ini," kata dia

Sebanyak 14 nomor pertandingan tarung bebas di partai final mulai dari nomor 49,1-52 kg putra, nomor 52,1-55 kg putra, nomor 55,1-58 kg putra, nomor 58,1-61 kg, nomor 61,1-64 kg putra, nomor 64,1-67 kg putra, nomor 67,1-70 kg putra, nomor 70,1-75 kg putra, nomor 75,1-80 kg putra.

Sementara itu nomor tarung bebas 45,1-50 kg putri, nomor 50,1-54 kg putri, nomor 54,1-58 kg putri, nomor 58,1-62 kg putri, dan nomor 62,1-66 kg putri.

Baca juga: Menerbangkan tarung derajat jadi bela diri internasional
Baca juga: Tarung derajat gelar penyisihan tiga nomor seni gerak di hari ketiga