Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meraih medali emas kedua pada cabang olahraga golf Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 melalui nomor foursome mix (campuran) usai berada pada peringkat pertama ronde kedua yang digelar di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara, Rabu.

Pasangan Rayhan Latief dan Viera Rosada alias Ocha berhasil membawa Sumut meraih medali emas usai mencatatkan total 140 pukulan atau empat under (di bawah) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi) dalam dua ronde. Dalam dua ronde pertandingan foursome mix kali ini, par yang ditetapkan sebanyak 144 pukulan dengan 36 holes.

Pada ronde pertama yang digelar Selasa (17/9), Rayhan dan Ocha mencatatkan 71 pukulan dan pada ronde kedua sebanyak 69 pukulan. Meski pada ronde pertama Sumut berada di peringkat T3 bersama Jawa Barat (Jabar), tim foursome mix tuan rumah berhasil menyelesaikan ronde kedua pada posisi pertama.

Sepanjang ronde kedua yang menentukan kemenangan, Rayhan dan Ocha mencetak empat kali birdie pada hole 1, 10, 12, dan 17, serta satu kali bogey pada hole terakhir, yakni 18.

Kemudian, tim yang meraih medali perak merupakan perwakilan dari Jawa Tengah (Jateng) yang beranggotakan Amadeus Christian dan Thea Jessica dengan mencatat 147 pukulan atau tiga over (di atas) par. Pada ronde pertama, keduanya mencatatkan 70 pukulan, sedangkan pada ronde kedua mereka mengantongi 77 pukulan.

Sementara untuk medali perunggu diraih oleh pasangan dari Jabar Randy Arbenata dan Rayi Geulis dengan mencatatkan 149 pukulan atau lima over par. Sepanjang ronde pertama, Randy dan Rayi mencatat 71 pukulan dan pada ronde kedua mencetak 78 pukulan.

Baca juga: KONI DKI harap 3 medali emas di golf antar Jakarta juara umum PON 2024

Foursome mix merupakan nomor terakhir yang dimainkan dalam pertandingan golf pada perhelatan PON Aceh-Sumut 2024.

Sebelumnya, telah digelar pertandingan nomor perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, dan beregu putri pada 12-14 September. Pada nomor perorangan putra, beregu putri, dan beregu putra medali emas diraih oleh DKI Jakarta, sedangkan pada nomor perorangan putri, medali emas diraih oleh tuan rumah Sumut.

Selain itu pada 15-16 September, sudah dilaksanakan pula pertandingan nomor foursome putra dengan Jateng sebagai peraih medali emas, serta foursome putri dengan Bali sebagai peraih medali emas.

Baca juga: Pelatihan terpusat kunci tim golf Jateng raih emas perdana pada PON
Baca juga: PGI Bali siapkan pegolf sejak usia dini sebelum berlaga di PON