Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.000 pelari dari dalam dan luar negeri ditargetkan berpartisipasi dalam Mandiri Bintan Marathon 2024, yang akan berlangsung pada 2-3 November di Lagoi Bay, Bintan Resorts, Kepulauan Riau.

Wakil Bupati Kabupaten Bintan Ahdi Muqsith, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, optimistis kegiatan ini akan mendongkrak pariwisata daerah.

Acara tersebut juga dinilai akan membuat Bintan, yang terkenal dengan keindahan alamnya, semakin memantapkan posisinya sebagai destinasi sport tourism.

“Kami juga punya event seperti Bintan Triathlon, Tour de Bintan, Ironman 70.3 Bintan, dan ke depan harapannya event-event sport tourism semakin tumbuh dan berkembang,” katanya.

Ia menambahkan bahwa selain mendukung penuh, Pemkab Bintan juga mengalokasikan anggaran untuk menyukseskan acara ini.

Muqsith berharap Mandiri Bintan Marathon 2024, yang terakhir kali digelar pada 2019, tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Bintan, terutama pasca pandemi.

Pada kesempatan yang sama, Race Director Pandu Bagus Buntaran mengatakan Mandiri Bintan Marathon 2024 menawarkan berbagai kategori lari yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari pemula hingga berpengalaman.

Acara akan digelar dalam dua hari. Pada 2 November, peserta dapat mengikuti kategori 5K fun run dan 3K family run. Sementara itu, pada 3 November, akan diadakan lomba jarak jauh seperti full marathon (42K), half marathon (21K), dan lari 10K.

“Marathon ini adalah marathon yang mungkin belum pernah kalian jumpai di Indonesia karena kami akan steril 100 persen dari KM 0 sampai KM 42, tidak berdampingan dengan kendaraan,” katanya.

Demi memastikan keselamatan seluruh peserta, penyelenggara telah menyiapkan sistem keamanan yang komprehensif. Sepanjang rute, akan ada 4 zona yang dijaga ketat oleh petugas marshall tetap dan bergerak bebas (mobile).

Selain itu, untuk penanganan darurat medis, penyelenggara telah menyediakan 15 titik posko medis yang dilengkapi ambulans yang mobile.

Pembelian tiket Mandiri Bintan Marathon 2024 dapat dilakukan melalui fitur Livin’ Sukha di aplikasi Livin’ by Mandiri. Terdapat juga promo untuk pembelian tiket pada 18–30 September 2024.

Baca juga: KRI Dewaruci bersandar di Pelabuhan Fasharkan Mentigi Kabupaten Bintan
Baca juga: Menjelajahi ketenangan Tanjungpinang dan Bintan
Baca juga: Investor asal Prancis tertarik bangun pelabuhan di Kabupaten Bintan