Istanbul (ANTARA) - Dana Moneter Internasional (IMF) telah menunda konsultasinya dengan Moskow untuk waktu yang tidak ditentukan, kata seorang pejabat Rusia.

“Manajemen dana memberi tahu pihak Rusia dan dewan direksi bahwa pekerjaan misi (IMF) akan ditunda tanpa batas waktu,” kata Direktur IMF untuk Rusia, Alexey Mozhin kepada kantor berita negara Tass pada Selasa (17/9) malam.

Mozhin menuturkan bahwa ketidaksiapan teknis misi untuk melakukan konsultasi disebut sebagai alasan penundaan misi.

Rusia, lanjutnya, menyadari bahwa beberapa pejabat dari negara-negara Eropa secara terbuka menolak untuk melanjutkan kerja sama antara Moskow dan IMF serta pengadaan konsultasi semacam itu tidak dapat diterima.

Menurut Mozhin, keputusan IMF disampaikan kepada pihak Rusia pada Senin, saat misi dana seharusnya mengadakan konsultasi dengan Moskow berdasarkan Pasal 4 perjanjian, yang disebutnya telah menjadi isu yang diangkat selama lebih dari setahun.

Dia juga menyebutkan bahwa konsultasi tersebut merupakan inisiatif dari IMF sendiri dan Rusia tidak pernah meminta konsultasi tetapi menyampaikan kesediaannya untuk menerima misi tersebut.

Adapun, IMF belum memberikan komentar mengenai pernyataan Mozhin.

Pada awal bulan ini, IMF mengumumkan bahwa misi mereka akan mengadakan pembicaraan dengan otoritas Rusia pada 16 September, setelah itu mereka akan melakukan perjalanan ke negara tersebut untuk pertemuan langsung.

Pertemuan tersebut akan menjadikan IMF sebagai lembaga keuangan internasional besar pertama yang mengirimkan misi ke Rusia sejak dimulainya perang Ukraina lebih dari dua tahun lalu.

Konsultasi terakhir IMF dengan Rusia berlangsung pada Februari 2021.

Sumber : Anadolu

Baca juga: IMF desak AS kurangi defisit fiskal yang tinggi dan turunkan utang
Baca juga: IMF naikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi China pada 2024 jadi 5 persen
Baca juga: Putin yakin BRICS akan perkuat posisi ekonomi anggotanya secara global