Banjarbaru (ANTARA) - Wali Kota Banjarbaru, Kallmantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin menerima penghargaan tertinggi Green Leadership Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar

"Ini merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian LHK kepada kepala daerah atas kepedulian dan berhasil memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah," ucap Aditya saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Dirjen KLHK: Penting perumusan masalah hadapi tantangan keberlanjutan

Piala penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Wali Kota Banjarbaru Aditya dalam acara penganugerahan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 yang berlangsung di Jakarta, Rabu.

Seusai menerima penghargaan, Wali Kota Aditya mengungkapkan bahwa penghargaan ini dipersembahkan kepada seluruh lapisan masyarakat Banjarbaru, terkhusus kepada petugas kebersihan yang berjasa besar dalam menjaga lingkungan publik.

Alhamdulillah, ini penghargaan yang sangat luar biasa dan patut kita syukuri. Penghargaan ini saya dapatkan berkat dukungan semua pihak. Jerih lelah teman-teman dari petugas kebersihan, masyarakat kita yang kompak dan solid menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, sehingga kebijakan dan program di sektor lingkungan berhasil terlaksana,” ucap Aditya.

Baca juga: Menteri LHK imbau kepala daerah perkuat pemahaman tata kelola karbon

Penghargaan Green Leadership yang diterima oleh Wali Kota Aditya, menunjukan bahwa Aditya dinilai sebagai pemimpin yang berwawasan lingkungan, bersemangat, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Wali Kota Aditya juga dianggap, mampu merumuskan sekaligus menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Kualitas lingkungan hidup di Kota Banjarbaru terus membaik juga terbukti dengan diraihnya piala Adipura tiap tahunnya.

“Ya semoga apresiasi yang diberikan Kementerian LHK ini semakin memacu kinerja kita ke depannya. Melek terhadap isu lingkungan, respons persoalan lingkungan melalui kebijakan yang tepat dan aksi nyata, serta tentunya semakin banyak inovasi soal lingkungan hidup,” tuntas Wali Kota.

Untuk diketahui, dengan diterimanya penghargaan dari Kementerian LHK ini semakin menambah daftar panjang capaian dan prestasi Aditya dalam memimpin Kota Banjarbaru. Sekali lagi, kualitas kepemimpinan wali kota kembali dibuktikan dan telah mendapat banyak pengakuan di level nasional.

Baca juga: Menteri LHK soroti perlunya kepemimpinan hijau demi lingkungan sehat