Ambon (ANTARA) - Pedayung Rusdy Ely-Arni Pattipeiluhu berhasil meraih medali emas pertama untuk Maluku pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 lewat kategori Rowing Beach Sprint (RBS) atau dayung laut pada nomor RBS Coastal Mixed Double (CM1X2X) di Aceh.

"Kontingen Provinsi Maluku akhirnya memperoleh emas pertama dalam ajang PON XXI 2024 di Aceh Sumatera Utara (Sumut) dari dayung," kata Ketua Harian KONI Maluku Mustafa Kamal saat dihubungi dari Ambon, Rabu.

Pasangan Rusdy-Arni meraih medali emas setelah unggul atas dua pasangan masing-masing dari Sulawesi Selatan pada urutan kedua dan Jakarta yang harus puas berada di urutan ketiga.

Mustafa mengatakan selama lebih dari sepekan perhelatan PON Aceh-Sumut, banyak atlet Maluku yang berguguran di nomor perorangan. Beberapa dari mereka hanya meraih perak dan perunggu.

Oleh sebab itu kata dia keberhasilan kedua atlet ini diharapkan membuka keran medali emas bagi Maluku di sisa pertandingan terakhir beragam cabang olahraga yang diikutsertakan.

"Dengan pecah telur atau emas perdana dari tim dayung, semoga dapat memberikan semangat bagi atlet Maluku lainnya yang masih berjuang di PON Aceh-Sumut," ucapnya.

Mustafa mengatakan bahwa sebelumnya, cabang dayung Maluku juga menyumbangkan medali perak dan perunggu dari katagori atau kelas yang berbeda.

Dengan torehan emas pertama itu saat Maluku mengoleksi sebanyak enam medali terdiri atas satu medali emas, dua medali perak dan tiga perunggu masing-masing dari cabang dayung dan muaythai.

Berbeda dari target sebelumnya dengan sisa cabang olahraga yang beluk bertanding Mustafa Kamal mengatakan pihaknya menargetkan memperoleh sekitar lima medali emas dari yang sebelumnya 10 medali emas.

Pada gelaran PON kali ini, Maluku mengirimkan sebanyak 13 cabang olahraga dengan 54 atlet pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024. Terdiri dari Dayung, Karate, Selam, Kempo, Atletik, Billiard, Kick Boxing, Muaythai, Menembak, Tarung Derajat, Tinju, Wushu, Taekwondo. Dayung, tinju, dan seni bela diri menjadi andalan Maluku.

Mustafa Kamal mengatakan bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan bonus bagi para atlet yang berhasil memenangkan medali pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024.

“Bonus nanti jadi tanggung jawab Pemda dan sudah kami komunikasikan dengan penjabat Gubernur,” tutur Mustafa Kamal.

Baca juga: Dispora Maluku segera evaluasi kesiapan atlet hadapi PON 2024
Baca juga: Maluku kirim 54 atlet ikuti PON Aceh-Sumut 2024