Jakarta (ANTARA) - TikTok semakin populer sebagai media sosial yang tidak hanya dikenal sebagai platform video kreatif, namun menjadi tempat belanja online melalui fitur TikTok Shop.

Penjual bisa memanfaatkan video dan konten TikTok nya untuk mempromosikan produk, sementara pembeli bisa menjelajahi dan membeli barang tanpa harus meninggalkan aplikasi TikTok.

Saat ini, TikTok Shop di kelola langsung dengan Tokopedia. Produk-produk di TikTok Shop dapat dipromosikan hanya melalui konten, ditambah dengan berbagai diskon khusus untuk pembeli. Menjadikannya salah satu faktor utama yang mendorong pengguna TikTok untuk melakukan pembelian di TikTok Shop.

Jika Anda ingin memanfaatkan potongan harga dan diskon di TikTok Shop, berikut adalah beberapa cara efektif untuk mendapatkannya:

Cara mendapatkan diskon di TikTok Shop

1. Ikuti akun penjual dan brand yang resmi

Banyak brand dan penjual yang aktif di TikTok menawarkan diskon eksklusif kepada pengikutnya. Dengan mengikuti akun resmi, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai penawaran dan diskon. Terdapat akun yang menerapkan promo diskon untuk pengikut yang baru saja mengikutinya.

2. Gunakan kode kupon atau promo
​​​​​​​

Biasanya, penjual di TikTok membagikan kode kupon yang dapat digunakan untuk mendapatkan diskon tambahan. Kode ini bisa ditemukan oleh akun resmi penjual TikTok Shop di video, deskripsi postingan, atau melalui promosi khusus yang dibagikan oleh influencer. Cari kode kupon dan promo ini dan terapkan saat checkout untuk mendapatkan potongan harga dan gratis ongkos pengiriman.

3. Tonton atau perhatikan live streaming

Penjual biasanya melakukan live streaming di TikTok untuk menawarkan dan promosi produknya. Biasanya penjual menawarkan penawaran eksklusif dan diskon khusus yang hanya tersedia selama sesi tersebut. Pastikan untuk menonton live streaming dari penjual atau brand favorit Anda untuk memanfaatkan penawaran yang mungkin tidak tersedia di tempat lain.

4. Ikuti kontes giveaways

Terdapat brand dan penjual mengadakan kontes atau giveaway di TikTok yang bertujuan untuk menarik perhatian dan memperkenalkan produk barunya. Anda biisa mengikuti kontes ini untuk kesempatan memenangkan produk dengan harga diskon atau bahkan gratis.

5. Gunakan fitur “wishlist

Fitur ini, memungkinkan Anda menyimpan produk yang Anda minati. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memantau harga produk dan mendapatkan notifikasi jika harga turun atau jika ada penawaran khusus yang terkait dengan produk tersebut.

6. Bergabung dengan program loyalty atau membership

Beberapa penjual TikTok Shop, menawarkan program loyalitas atau membership yang memberikan akses ke diskon eksklusif atau penawaran khusus bagi anggotanya. Pertimbangkan untuk bergabung dengan program ini jika Anda sering berbelanja di toko tersebut..

7. Perhatikan flash sale
​​​​​​​

Flash sale di TikTok Shop, sama halnya dengan e-commerce lainnya, yang memberikan penawaran terbatas di mana produk dijual dengan harga diskon signifikan dalam waktu yang singkat. Biasanya, flash sale ini berlangsung hanya beberapa jam atau bahkan menit, maka perlu tindakan cepat dari pembeli untuk mendapatkan penawaran tersebut.

Baca juga: 3 cara belanja online via TikTok

Baca juga: YouTube perluas kemitraan dengan Shopify untuk dukung layanan belanja

Baca juga: Cara beli emas di TikTok Shop, aman dan praktis