Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan bahwa partainya merekrut anak muda di jajaran ketua harian karena ingin memberi kaum muda kewenangan tinggi, bukan sekadar asal tempel.

“Alasannya keinginan PKB merekrut anak muda dan diberikan kewenangan tinggi, bukan hanya sekadar asal tempel, tapi memang itu fungsional dan bekerja langsung,” kata Jazilul saat ditemui usai konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, ketua harian beserta wakilnya akan bekerja mengeksekusi aspirasi kaum muda dan kebijakan Dewan Syuro maupun Dewan Tanfidz DPP PKB. Jajaran ketua harian juga ikut bermusyawarah menentukan kebijakan strategis partai.

“Dari awal di PKB membudayakan musyawarah, yang jelas keputusan diambil secara musyawarah, nanti eksekusinya dilakukan oleh anak-anak muda, termasuk juga menyerap aspirasi anak muda supaya program PKB lebih muda,” ucap Jazilul.

Menurut Jazilul, penunjukan kaum muda di jajaran ketua harian ini merupakan gebrakan partai untuk menyasar target anak muda yang dekat dengan dunia digital dan teknologi.

“Juga pergaulan anak-anak muda, istilah-istilah anak muda. Itu ‘kan harusnya partai punya. Kalau ada tempatnya, pasti anak-anak muda yang lain akan ikut bersama-sama, supaya tidak antipati kepada partai,” ujar dia.

Lebih lanjut, Jazilul mengatakan, PKB belum ada rencana untuk mengenalkan jajaran ketua harian tersebut kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

“Belum ada rencana, tapi yang jelas kita kenalkan kepada publik bahwa PKB memiliki ketua harian dari anak-anak muda, dan anak-anak muda Indonesia ikutlah bergabung bersama-sama untuk menyampaikan sekaligus menyalurkan aspirasi politiknya,” imbuh dia.

Diketahui, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, pada konferensi pers di Kantor DPP PKB, Rabu, mengumumkan susunan DPP PKB periode 2024–2029. Dalam susunan tersebut terdapat ketua harian yang didampingi enam orang wakil.

Ketua Harian PKB adalah Ais Shafiyah Asfar yang berusia 23 tahun dan tengah menyelesaikan pendidikan S-3 di Universitas Airlangga. Ia juga merupakan calon anggota legislatif PKB terpilih di DPRD Kota Surabaya.

Adapun enam Wakil Ketua Harian PKB, yaitu Najmi Mumtaza, Riezal Ilham Pratama, Gielbran Muhammad Noor, Nadya Alfi Roihana, Muhammad Aji Pratama, dan Lukman Maulana. Keenamnya berusia di bawah 30 tahun.
Baca juga: Cak Imin umumkan susunan Ketua Harian DPP PKB 2024-2029
Baca juga: PKB sebut sudah diminta nama calon menteri untuk kabinet Prabowo
Baca juga: PKB tegaskan terbuka kepada kelompok mana pun selama 5 tahun ke depan