Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengukuhkan agen dan komunitas statistik, agar data yang dikelola di kelurahan menjadi semakin berkualitas.

"Hari ini kita bersama Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama mengukuhkan empat agen dan 20 komunitas statistik Kelurahan Bukit Besar," kata Kepala BPS Kota Pangkalpinang Dewi Savitri di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pengukuhan agen dan komunitas statistik di Kelurahan Bukit Besar ini merupakan komitmen BPS dalam melakukan pembinaan Kelurahan Cinta Statistik "Cantik", guna meningkatkan kapabilitas SDM statistik di kelurahan.

"Data statistik yang dikelola di kelurahan menjadi semakin berkualitas dan pengambilan keputusan pemerintah dilakukan berdasarkan data dengan harapan pembangunan kelurahan menjadi lebih tepat sasaran," katanya.
​​​​​​
Baca juga: Pemkab Kaimana dan BPS canangkan Krooy sebagai 'Kelurahan Cantik'
Baca juga: Dua kelurahan di Medan terpilih ikuti kompetisi kelurahan cantik


Ia menyatakan tujuan pembinaan Kelurahan Cantik dan implementasinya diantaranya meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

"Bisa jadi selama ini mereka bergelut dengan data statistik tetapi tidak menyadari bahwa apa yang telah dilakukan merupakan rangkaian kegiatan statistik," katanya.

Menurut dia melalui pembinaan statistik di kelurahan cantik kepada perangkat kelurahan yang ditunjuk sebagai agen statistik diharapkan dapat memberikan pemahaman tahapan proses bisnis yang menjadi standar penyelenggaraan kegiatan statistik.

"Rapat-rapat di kelurahan yang membahas data oleh agen dan komunitas statistik yang mewakili masyarakat diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pemanfaatan kegiatan statistik," katanya.

Baca juga: Kelurahan Gunungketur Yogyakarta masuk nominasi 25 Desa Cantik BPS
Baca juga: Desa Toto Utara jadi Desa Cinta Statistik di Bone Bolango
Baca juga: BPS Pamekasan tingkatkan literasi aparat desa melalui 'desa cantik'