Medan (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Kontingen Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen TNI Dody Triwinarto menyatakan siap mengambil langkah hukum terkait perenang Joe Aditya Wijaya Kurniawan yang telah diklaim mewakili Provinsi Jakarta pada ajang PON Aceh-Sumut 2024.
"Ini menjadi perhatian kita semua. Dua hari setelah pembukaan PON, atlet terbaik kita dalam cabang olahraga renang Joy Aditya Kurniawan diklaim, dibajak oleh Jakarta," kata Brigjen TNI Dody Triwinarto di Medan, Rabu.

Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa kontingen Provinsi Sulawesi Tengah akan mengambil langkah hukum terkait masalah ini, karena perenang Joe Aditya telah mengikuti pembinaan selama dua tahun oleh provinsi ini.

Baca juga: Joe Aditya pecahkan rekornas yang bertahan lebih dari satu dekade
Menurut dia, langkah hukum juga diambil berkaitan dengan anggaran pembinaan yang harus dipertanggungjawabkan.

"Saya akan melaporkan hal ini ke Bareskrim. Saya sudah koordinasi dengan penasehat hukum, ini akan kita perjuangkan karena itu hak," ujarnya.

Perenang DKI Jakarta Joe Aditya Wijaya Kurniawan memacu kecepatannya saat final renang 100 meter gaya kupu-kupu putra PON XXI Aceh-Sumut di Kolam Renang Selayang Dispora Sumatera Utara, Medan, Senin (16/9/2024). Joe Aditya Wijaya Kurniawan meraih medali emas dengan catatan waktu 53,03 detik, sedangkan perak diraih perenang DKI Jakarta Azel Zelmi Aryalingga dengan catatan waktu 54,31 detik dan medali perunggu diraih perenang Jatim Andi Muhammad Nurrizki Febrianto dengan catatan waktu 55,46 detik. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/Spt.
Hal ini, kata dia, menyebabkan Sulteng mengalami kerugian dengan kehilangan sejumlah medali yang seharusnya dipersembahkan untuk Provinsi Sulawesi Tengah.

Meski demikian, dia mengatakan hal ini tidak menyurutkan semangat atlet-atlet Sulteng. Sebaliknya, kata Dody, kasus ini menjadi pemantik motivasi bagi para atlet untuk berjuang lebih keras bagi provinsi ini.

Baca juga: Sumbang emas DKI, Joe Aditya persembahkan untuk Sulawesi Tengah
Sementara itu, Perenang Jakarta Joe Aditya Wijaya Kurniawan mengatakan dirinya mempersembahkan medali emas yang diraihnya pada PON 2024 untuk Provinsi Sulteng.

"Saya persembahkan untuk Provinsi Sulawesi Tengah,” ujar Joe.

Ia mengungkapkan sejak 2022, pembinaan dilakukan oleh Sulawesi Tengah dan prestasi ini diperuntukkan untuk provinsi tersebut.