Jakarta (ANTARA) - Polri memberangkatkan sebanyak 140 anggota yang tergabung pada Satuan Tugas Garuda Bayangkara FPU 6 Minusca dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB yang akan bertugas di Bangui, Republik Afrika Tengah.

"Misi pemeliharaan perdamaian PBB bukan hal baru bagi Polri, karena telah berkontribusi sejak tahun 1989 dan hingga saat ini sudah menugaskan sebanyak 3.374 personel," kata Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pada kesempatan kali ini Polri memberangkatkan sebanyak 140 personel yang tergabung pada Satuan Tugas Garuda Bayangkara FPU 6 Minusca.

Mereka lanjut Agus, telah dipersiapkan sedemikian rupa untuk menjalankan tugas dan misi perdamaian dunia mewakili negara Indonesia dan ditempatkan di Bangui, Republik Afrika Tengah.

Komjen Pol.Agus mengatakan bahwa Kontingen Satgas Garuda FPU Minusca ke-6 telah melalui tahap penyiapan yang panjang diawali dari proses seleksi, pembekalan, pelatihan, dan asesmen yang dilaksanakan secara langsung oleh tim dari PBB.

"Seluruh proses penyiapan tersebut memakan waktu delapan bulan, sehingga seluruh personel yang akan diberangkatkan telah dibekali dan memiliki kemampuan serta keterampilan yang terstandarisasi standar PBB," tuturnya.

Wakapolri menambahkan, dalam misi Minusca ke-6 ini, kontingen Polri juga menyertakan sebanyak 27 anggota personel polisi wanita.

Keterlibatan Polisi Wanita dalam penugasan FPU lanjut Komjen Agus, memberikan bukti bahwa Polisi Wanita Indonesia telah mampu menunjukkan eksistensi dalam "center state of policing", tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di dunia internasional.

" Saya yakin para polisi wanita Indonesia mampu menjadi aktor utama dalam dunia kepolisian yang sejajar dengan kepolisian lainnya," katanya.

Komjen Agus mengatakan misi Minusca Afrika Tengah tahun 2024-2025 merupakan tahun ke-6 keikutsertaan kontingen Polri, di mana pada periode sebelumnya kontingen Polri telah mampu menunjukkan kiprah dan kemampuan terbaik di daerah misi tersebut.

Bahkan lanjut Agus, Kontingen Polri mendapatkan penghargaan dari Presiden Afrika Tengah atas partisipasi turut membantu pengamanan pemilu.

"Saya minta kontingen Satgas Garuda Bayangara ke-6 Minusca saat ini, nantinya dapat mengukir prestasi dan menunjukkan kinerja terbaiknya, sebagaimana yang telah dicapai oleh kontingen-kontingen sebelumnya, serta terus jaga nama baik Polri dan bangsa Indonesia di kancah internasional," ujarnya.

Baca juga: Kapolri apresiasi kontribusi personel Satgas UNAMID menjaga perdamaian

Baca juga: Polda Papua Barat utus empat personel dalam misi PBB di Afrika Tengah