Aceh Timur (ANTARA) - Jawa Tengah dan Gorontalo saling berhadapan di partai final nomor regu putra cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Rabu, Jawa Tengah melaju ke partai puncak tersebut setelah mengalahkan Riau dengan skor 2-0. (15-12 dan 15-13).

Sementara, Gorontalo melaju ke final usai mengalahkan Sulawesi Tengah dalam pertandingan ketat tiga set dengan skor 2-1 (15-8, 15-13, dan 17-14).

Bertanding di Lapangan I, Jawa Tengah dan Riau menampilkan permainan ketat di set pertama. Kedua regu saling kejar mengejar poin hingga 9-9. Selepas poin imbang Jawa Tengah terus meninggalkan Riau hingga mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 15-12.

Bermain di set kedua, Jateng mampu unggul 7-3. Keunggulan tersebut terus berlanjut hingga kedudukan 12-7. Riau sempat mengejar ketertinggalan poin hingga 13-14. Jawa Tengah akhirnya menutup pertandingan dengan poin 15-15.

Baca juga: Sepak takraw - Riau dan Jateng kunci tiket nomor regu putra

Pertandingan Riau berhadapan dengan Jateng merupakan pertemuan ulang di babak penyisihan grup. Saat itu, Riau menang 2-0 (15-13 dan 15-8).

Pada pertandingan semifinal lainnya, Gorontalo mampu mengatasi perlawanan Sulawesi Tengah 2-1. Bermain di set pertama, Gorontalo mampu unggul 10-5 dalam waktu tidak terlalu lama.

Pemain Sulawesi Tengah berupaya mengejar ketertinggalan poin, tetapi gagal menyamakan kedudukan. Gorontalo mengakhiri perlawanan Sulawesi Tengah pada set pertama dengan kemenangan 15-8.

Baca juga: Sepak takraw - Sulteng hadapi Gorontalo di semifinal nomor regu putra

Di set kedua, Sulawesi Tengah mampu meladeni permainan Gorontalo. Sulawesi Tengah mampu unggul empat poin atas Gorontalo 7-3, hingga akhirnya memenangkan pertandingan dengan poin 15-13.

Pada set ketiga, Sulawesi Tengah mampu mendominasi pengumpulan poin. Bahkan Sulawesi Tengah unggul 14-10. Namun, keunggulan tersebut tidak bisa dipertahankan, sehingga Gorontalo mengakhiri pertandingan dengan poin 17-14.

Sementara itu, Tri Aji, pelatih Jawa Tengah, mengapresiasi anak asuhnya yang bermain maksimal menghadapi Riau. Para pemain bermain lebih tenang dibanding pada saat menghadapi Riau di babak penyisihan grup.

"Untuk partai final nanti, kami minta para pemain bermain lepas dan semangat bermain lebih tinggi dari sebelumnya. Pertandingan final merupakan permainan terakhir menentukan siapa peraih medali emas," kata Tri Aji.

Baca juga: Sulsel pimpin perolehan medali sepak takraw PON XXI
Baca juga: Sepak takraw - Nomor regu mulai dipertandingkan