Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa di DKI Jakarta, pada Selasa (17/9), tampaknya masih untuk layak disimak kembali antara lain KPU RI luncurkan syarat pembentukan KPPS Pilkada 2024 hingga DKI siapkan strategi untuk ciptakan kemandirian ketahanan pangan.

Berikut rangkumannya:


1. DKI pertimbangkan preferensi anak untuk menu makan bergizi gratis

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempertimbangkan sejumlah hal termasuk preferensi anak dalam menentukan menu untuk program makan bergizi gratis (MBG) yang masih dalam tahap uji coba.

"Pertimbangan harga menu, rasa masakan dan kesukaan tentu menjadi pertimbangan sehingga anak-anak menghabiskan satu porsi menu makanan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini.



2. KPU RI luncurkan pembentukan KPPS Pilkada 2024, ini syaratnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan pembentukan Kelompok Kerja Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 beserta syarat-syaratnya.

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan dan Penelitian dan Pengembangan KPU RI Parsadaan Harahap memaparkan persyaratan yang akan diberlakukan dalam pembentukan KPPS Pilkada 2024 masih sama seperti persyaratan pembentukan KPPS pada Pemilu 2024.

Baca selengkapnya di sini.



3. DKI siapkan strategi untuk ciptakan kemandirian ketahanan pangan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan strategi untuk menciptakan kemandirian pada bidang ketahanan pangan salah satunya dengan memanfaatkan lahan di perkotaan untuk pertanian (urban farming).

"Kegiatan (pertanian perkotaan) sangat penting dengan memanfaatkan lingkungan untuk bertanam, di samping menghasilkan pangan bergizi bagi keluarga, juga mampu membantu mengendalikan inflasi daerah maupun nasional," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini.



4. KAI Daop 1 catat arus balik di Stasiun Gambir dan Senen masih tinggi

Sehari pasca-libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Senin (16/9), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat arus balik penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tinggi, dengan total kedatangan mencapai 35.500 penumpang.

Menurut Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Selasa, jumlah ini sedikit menurun dibandingkan hari sebelumnya, di mana tercatat 37.514 penumpang tiba di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini.



5. Heru minta agar RTH Johar Baru dipakai untuk pertanian perkotaan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta agar Ruang Terbuka Hijau (RTH) Johar Baru, Jakarta Pusat yang sedang tahap pembangunan, dapat dipakai untuk mengembangkan pertanian perkotaan (urban farming).

"Di sini selain ada resapan air, pohon yang baru kita tanam, saya harap ada budi daya pertanian juga," kata Heru usai peletakan batu pertama (groundbreaking) RTH Johar Baru di Jalan Kramat Jaya Baru IV, Jakarta Pusat, Selasa.

Baca selengkapnya di sini.