Jakarta (ANTARA) -
Surat Utang Negara (SUN) dapat menjadi pilihan bagi investor yang ingin berinvestasi namun memiliki dana terbatas karena SUN bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya itu, selain keuntungan yang dibayarkan terjamin oleh pemerintah, Anda juga bisa ikut dalam pembiayaan pembangunan dan kebutuhan negara.
Surat Utang Negara adalah instrumen keuangan yang diterbitkan oleh pemerintah untuk mendanai berbagai kebutuhan pembangunan negara. Namun, banyak orang yang mungkin merasa ragu untuk mulai berinvestasi karena khawatir membutuhkan dana yang besar.

Pemerintah membuat aturan investasi SUN berbeda dibandingkan yang lain yakni tidak perlu modal besar untuk memulai investasi, sehingga investor dari berbagai kalangan, terutama pemula bisa mulai mencobanya.

Lalu, berapakah jumlah minimal rupiah untuk bisa beli Surat Utang Negara?

Surat Utang Negara yang bisa dibeli oleh masyarakat biasanya memiliki jangka waktu yang bervariasi, tergantung pada seri yang diterbitkan. Selain itu, imbal hasil atau kupon akan dibayarkan secara berkala, biasanya setiap bulan, dengan besaran yang telah ditetapkan.
Bagi Anda yang tertarik berinvestasi, pembelian SUN bisa dimulai dengan nominal yang terjangkau. Untuk jenis Surat Utang Negara seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), pemerintah menetapkan minimal rupiah pembelian sebesar Rp 1 juta hingga maksimal Rp 3 miliar per individu.

Artinya, dengan modal mulai Rp 1 juta, sudah bisa menjadi investor di instrumen ini dan mulai mendapatkan imbal hasil yang diberikan secara berkala sesuai jatuh tempo dalam jangka waktu sekitar 3-6 tahun. Pada jenis ORI, kupon atau bunga bersifat Fixed Rate atau tetap,

Hal yang sama untuk jumlah nominal minimum rupiah jenis surat utang SBR (Savings Bond Ritel), dapat membeli dengan nominal minimal Rp 1 juta dalam jatuh tempo jangka waktu 2-4 tahun dan dapat dicairkan lebih awal. Sedangkan SBR, memiliki kupon atau bunga yang bersifat Variabel Rate atau mengambang dengan batasan minimal.

Proses pembelian SUN juga sangat mudah dan bisa dilakukan melalui platform online mitra distribusi yang ditunjuk oleh pemerintah. Investor hanya perlu mendaftar, memilih kategori SUN yang sedang ditawarkan, dan melakukan pembayaran sesuai nominal pembelian.

Dengan nominal pembelian yang rendah dan cara pembelian yang semakin mudah, Surat Utang Negara menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik, aman, dan terjangkau bagi berbagai kalangan masyarakat sebab terjamin dan memiliki undang-undang dari pemerintahan.


Baca juga: Cara buka rekening saham secara online

Baca juga: BI Jabar harap WJIS 2024 akselerasi investasi demi pertumbuhan ekonomi

Baca juga: WJIS 2024 diikuti 10 negara dengan target investasi Rp117,6 triliun