Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi DKI Jakarta berharap tiga medali emas yang diraih dari cabang olahraga golf bisa mengantarkan Jakarta sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta Hidayat Humaid mengatakan tiga medali emas pada cabang golf di tiga nomor pertandingan pembuka merupakan prestasi yang sangat gemilang untuk DKI, terutama setelah beberapa PON terakhir Tim Golf DKI Jakarta belum mendapatkan medali emas.

"Terima kasih kepada Pengurus Provinsi Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta, serta seluruh atlet dan ofisial atas kontribusi luar biasa ini," kata Hidayat saat ditemui di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Dalam cabang olahraga golf, DKI Jakarta berhasil meraih tiga medali emas, masing-masing pada nomor perorangan putra, beregu putra, dan beregu putri. Sementara pada nomor perorangan putri, Jakarta mendapatkan medali perak.

Kendati demikian pada nomor pertandingan foursome putri maupun foursome putra, DKI Jakarta sama sekali tidak mendapatkan medali, baik emas, perak, maupun perunggu.

Hidayat menuturkan pihaknya selama ini terus menjalankan pemusatan latihan daerah (Pelatda) menjelang PON 2024 untuk seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan dalam pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut, termasuk golf.

Untuk pertandingan golf nomor terakhir, yakni foursome mix (campuran) dirinya berharap TIM DKI Jakarta bisa menyapu bersih medali emas yang tersisa.

"Mudah-mudahan bisa, mohon doa restu," tutur dia.

Adapun pada ronde pertama nomor foursome mix, DKI Jakarta menyelesaikan pertandingan pada peringkat T1 bersama dengan Jawa Tengah.

Tim DKI yang diperkuat oleh pegolf putra Gabriel Hansel dan pegolf putri Kristina Yoko mencatatkan 70 pukulan atau dua under (di bawah) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi) dalam satu ronde. Dalam satu ronde pertandingan kali ini, par yang ditetapkan sebanyak 72 pukulan dengan 18 holes.

Pada klasemen sementara perolehan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024, Jawa Barat menduduki peringkat pertama dengan perolehan 127 medali emas, 119 medali perak, dan 118 medali perunggu.

DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan jumlah medali emas yang sama, yakni 127, namun mencatatkan perolehan medali perak dan perunggu yang lebih sedikit dari Jabar, yaitu masing-masing 109 dan 103.

Kemudian di posisi ketiga ada Jawa Timur, dengan perolehan 104 medali emas, 106 medali perak, serta 105 medali perunggu.


Baca juga: Jateng-DKI Jakarta bersaing ketat di ronde pertama golf "foursome mix"
Baca juga: Renang - Anandia Treciel dan Dwiki pecah telur di 100m gaya dada
Baca juga: Jadwal babak semifinal nomor perseorangan bulu tangkis PON 2024