Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Polres Jakarta Pusat, dan instansi terkait lainnya bekerjasama menyosialisasikan keselamatan perlintasan sebidang KA di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) No. 11 Km 2+595, petak jalan Rajawali-Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, penumpang, dan masyarakat di wilayah Daop 1 Jakarta,” kata Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendri Wintoko di Jakarta, Selasa.

Baca juga: KAI Daop 1 catat arus balik di Stasiun Gambir dan Senen masih tinggi

Kegiatan yang dihadiri oleh Executive Vice President of Security Mayor Jenderal TNI Mar Nana Rukmana, Vice President of Security Operation and Administration Duhuri Kurniawan, dan Kasat Lantas Polres Jakarta Pusat, Kompol Gomos Simamorang itu merupakan bagian dari peringatan HUT ke-79 KAI dan HUT ke-69 Lalu Lintas.

Baca juga: KAI Daop 1 operasikan delapan kereta tambahan selama libur Maulid Nabi

Sosialisasi itu pun dibagi dalam tiga tahap, yakni tahap 1 dan 2 pada 17-18 September 2024, serta tahap 3 pada 19 September 2024. Pada tahap pertama dan kedua, masyarakat diimbau melalui spanduk dan atribut keselamatan. Sementara pada tahap ketiga, pelanggaran lalu lintas akan ditindak dengan sanksi tilang.

Ixfan mengatakan pada tahun 2023, Daop 1 Jakarta juga telah melakukan 45 sosialisasi keselamatan, dan hingga September 2024, sudah 48 sosialisasi dilakukan.

Sepanjang 2024, tercatat 142 insiden antara pengguna jalan dengan kereta api, dimana 38 di antaranya melibatkan kendaraan, dan 104 melibatkan pejalan kaki di jalur kereta.

Ixfan menekankan pentingnya kesadaran pengendara untuk berhenti dan memastikan keamanan sebelum melintasi rel kereta api.

Baca juga: KAI: 114 ribu tiket pada periode libur Maulid Nabi telah terjual

Ixfan juga mengingatkan melanggar aturan di perlintasan sebidang dapat dikenai sanksi pidana sesuai UU No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

KAI Daop 1 Jakarta berharap kerja sama berbagai pihak dapat meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang.