Banda Aceh (ANTARA) - Babak kualifikasi dua nomor perlombaan cabang olahraga panjat tebing , yakni lead tim putri dan boulder tim putra yang rencananya digelar Selasa malam akhirnya ikut ditunda.

Presiden Juri Cabang Olahraga Panjat Tebing PON XXI Aceh-Sumut Anugrah Agung Karokaro, di Banda Aceh, Selasa malam, menginformasikan penundaan tersebut karena kondisi cuaca masih gerimis dan angin kencang.

Sebelumnya, panitia juga telah menginformasikan penundaan babak final dua nomor tersebut karena pelaksanaan kualifikasi baru bisa dilaksanakan malam hari mengingat hujan dan angin kencang.

"Malam (17/9) ini tidak jadi pertandingan (kualifikasi dua nomor, red.)," katanya, saat dikonfirmasi.

Jika sesuai jadwal, kualifikasi lead tim putra semestinya berlangsung pukul 09.00-10.30 WIB dan kualifikasi boulder tim putri pukul 10.30-12.00 WIB, kemudian dilanjutkan final dua nomor itu.

Namun, kemudian sempat diundur menjadi pukul 16.00 WIB dengan penyelenggaraan perlombaan lead tim putra dan boulder tim putri secara bersamaan karena Selasa siang masih hujan deras.

Ternyata, hujan tak kunjung reda. Bahkan, semakin deras disertai dengan angin cukup kencang mulai Selasa pagi hingga sore hari.

Karena itu, babak kualifikasi lead tim putra dan boulder tim putri kembali diundur menjadi pukul 19.30 WIB, dan akhirnya ditunda lagi menjadi Rabu (18/9) besok.

Jadwal terbaru, pada Rabu (18/9), akan berlangsung babak kualifikasi sekaligus untuk empat nomor, yakni lead tim putra dan boulder tim putri pukul 08.30-10.00 WIB.

Kemudian, kualifikasi nomor boulder tim putra pukul dan lead tim putri pada pukul 13.00-14.30 WIB.

Sedangkan final boulder tim putra akan dilangsungkan pada pukul 17.30-18.30 WIB, dilanjutkan final lead tim putri pukul 18.30-19.30 WIB.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 11 di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri, boulder perorangan putra dan putri, serta lead perorangan putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - Final dua nomor ditunda akibat hujan deras