Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan DKI Jakarta bersaing ketat di ronde pertama pertandingan golf nomor foursome mix (campuran) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 yang digelar di Royal Sumatra, Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Kedua provinsi itu berhasil menyelesaikan pertandingan pada posisi T1, dengan perolehan masing-masing 70 pukulan atau dua under (di bawah) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi) dalam satu ronde. Dalam satu ronde pertandingan kali ini, par yang ditetapkan sebanyak 72 pukulan dengan 18 holes.

Tim Jateng diperkuat oleh atlet golf putra Amadeus Christian dan atlet golf putri Thea Jessica, yang mengawali pertandingan dengan mencetak birdie pada hole 1 dan dilanjutkan dengan lima kali birdie lainnya pada hole 5, 11, 13, 14, dan 17. Sementara itu, keduanya mencatatkan empat kali bogey pada hole 2, 8, 9, dan 16.

Kemudian, tim DKI Jakarta beranggotakan pegolf putra Gabriel Hansel dan pegolf putri Kristina Yoko, yang juga mengawali pertandingan dengan mencetak birdie pada hole 1 dan dilanjutkan lima kali birdie lainnya pada hole 5, 7, 8, 11, dan 17. Selain itu, keduanya turut mencatat empat kali bogey pada hole 4, 9, 10, dan 18.

Selanjutnya pada posisi T3, terdapat tim golf dari Jawa Barat (Jabar) yang beranggotakan Randy Arbenata dan Rayi Geulis serta tim golf dari Sumatera Utara (Sumut) yang berisi Rayhan Latief dan Viera Rosada. Kedua tim mencatatkan 71 pukulan atau satu under par.

Pada peringkat kelima, terdapat tim lain dari Jateng yang meliputi Theodore Tan dan Michelle Mogi, yang mencatat 73 pukulan atau satu over (di atas) par.

Lalu pada posisi T6, ada tim lain dari Jabar yang terdiri atas Naabil dan Fausta Bianda serta tim lain dari DKI Jakarta yang beranggotakan Luke Moore dan Bianca Naomi. Kedua tim mencatatkan 74 pukulan atau dua over par pada ronde pertama.

Di peringkat T8, terdapat tiga tim yang menduduki posisi, yakni tim dari Banten yang berisi Andrey Dimitri dan Gemilau Joanne, tim lain dari Sumut meliputi Christinato Sinuhaji dan Monica Abiwardani, serta tim dari Bali yang beranggotakan Nathan Pangestu dan Meva Schmit. Ketiga tim masing-masing mencatat 76 pukulan atau empat over par.

Nomor pertandingan foursome mix digelar selama dua ronde pada 17-18 September 2024, sebagai nomor pertandingan golf terakhir pada PON kali ini. Masing-masing satu medali emas, perak, dan perunggu akan diperebutkan usai ronde kedua selesai pada Rabu (18/9).

Sebelumnya, telah digelar pertandingan nomor perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, dan beregu putri pada 12-14 September 2024. Pada nomor perorangan putra, beregu putri, dan beregu putra medali emas diraih oleh DKI Jakarta, sedangkan pada nomor perorangan putri, medali emas diraih oleh tuan rumah, Sumut.

Selain itu pada 15-16 September 2024, sudah dilaksanakan pula pertandingan nomor foursome putra, dengan Jateng sebagai peraih medali emas, serta foursome putri, dengan Bali sebagai peraih medali emas.


Baca juga: Pelatihan terpusat kunci tim golf Jateng raih emas perdana pada PON
Baca juga: Tim golf "foursome" putri Bali tak menyangka raih medali emas
Baca juga: PGI Bali siapkan pegolf sejak usia dini sebelum berlaga di PON