Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir memperkenalkan aplikasi berbasis kurikulum Naksir UMKM, yang bertujuan untuk menyelaraskan dan meningkatkan kompetensi pengusaha lokal.

Pengenalan aplikasi dalam acara Master Trainer Bootcamp, yang digelar di Medan, Sumatera Utara itu, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

"Pelatihan ini diharapkan mampu menjadi strategi jitu dalam menciptakan standar kompetensi bagi pengusaha UMKM, sehingga mereka lebih siap bersaing di pasar global," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Acara yang berlangsung selama dua hari itu dihadiri oleh 158 fasilitator dan pengusaha UMKM dari Medan dan berbagai daerah di Sumatera.

Pada hari pertama, peserta diberikan pelatihan dalam enam topik utama, meliputi pemberdayaan masyarakat, kewirausahaan, branding dan pemasaran, digitalisasi, ekspor, serta legalitas.

Melalui pelatihan dan aplikasi itu, Erick menegaskan komitmennya untuk mendorong UMKM agar bisa lebih berdaya saing, baik di pasar domestik maupun internasional.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam sambutannya mengatakan, perhatian Erick Thohir terhadap UMKM sangat besar.

"Pak Erick selama lima tahun terakhir telah banyak mengembangkan program dan fasilitas bagi UMKM. Hingga Agustus 2024, sudah ada 225 Rumah BUMN yang tersebar di berbagai daerah," ujar Arya.

Selain peserta dari Medan, acara ini juga dihadiri pengusaha dari Bengkulu, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Aceh, Bangka, Jambi, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Banyak di antara mereka merupakan pengusaha muda berusia antara 20 hingga 40 tahun.

Pelatihan aplikasi Naksir UMKM di Medan tersebut merupakan yang pertama, dan rencananya akan dilanjutkan di Jakarta dan Manado.

Sejumlah BUMN turut ambil bagian dalam acara tersebut, termasuk Telkom, BRI, PLN, Mandiri, BNI, Pertamina, PTPN IV, BTN, Pusri, PTBA, Inalum, Timah, dan Semen Baturaja.

"Dengan kolaborasi yang kuat antara BUMN dan pengusaha lokal, diharapkan aplikasi Naksir UMKM ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Rumah BUMN di seluruh Indonesia untuk meningkatkan daya saing pengusaha lokal," terang Arya.

Baca juga: Erick Thohir dorong BUMN bermitra dengan swasta dan UMKM
Baca juga: Arya: Menteri Erick serap ide agar karyawan BUMN beli produk UMKM
Baca juga: Erick Thohir: Kementerian BUMN berperan besar majukan UMKM