Meulaboh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat memastikan cabang olahraga bola tangan pantai, akan disiapkan untuk dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII NTT-NTB pada 2028 mendatang.

“Kita harapkan bola tangan pantai ini menjadi salah satu olahraga yang akan dipertandingkan pada PON empat tahun mendatang,” kata Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) / Wakil Ketua Bidang SDM KONI Pusat, I Nyoman Gede Agus Asrama kepada wartawan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Selasa.

Hal ini ia sampaikan setelah meninjau laga ekshibisi bola tangan pantai yang digelar PB-ABTI berlokasi di Pantai Wisata Suak Ribee, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

I Nyoman Gede Agus Asrama mengatakan pemantauan yang dilakukan KONI pusat pada ajang eksibisi tersebut, sebagai upaya untuk memastikan agar olahraga bola tangan pantai, benar-benar siap dipertandingkan pada PON 2028 di NTT-NTB mendatang.

Ia mengakui kehadiran dirinya ke lokasi, sekaligus untuk melakukan evaluasi termasuk perangkat pertandingan, sekaligus memastikan format yang akan dipertandingkan nantinya.

“Pemantauan ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari penilaian,” katanya.

Nyoman menyebutkan penilaian yang dilakukan tersebut menjadi pemicu dan menjadi data pendukung dalam meyakinkan PB PON, agar bola tangan dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON mendatang.

Baca juga: KONI: Arena bola tangan PON di Aceh berstandar internasional

Baca juga: PB-ABTI: 100 persen peserta seleksi SEA Games 2025 dari PON Aceh-Sumut