Medan (ANTARA) - Kontingen Provinsi Jawa Timur akhirnya meraih medali emas di cabang tenis meja dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara lewat nomor ganda putra, setelah provinsi tersebut kalah tiga kali dalam laga final sebelumnya.

Emas pertama Jatim di tenis meja dipersembahkan oleh pasangan Affan Mauludana Pratama dan Ficky Supit Santoso yang mengalahkan pasangan Jawa Barat, Gibran Berliangga dan Rahmat Taufik, lewat pertandingan sengit lima set.

"Kita sebenarnya agak presure karena sudah kalah tiga kali di final. Ini final yang keempat, kita harapannya nggak mau lepas. Ya Alhamdulillah akhirnya berhasil dengan menang tipis," kata Ficky usai laga.

Affan-Ficky sempat kalah di set pertama 6-11, namun mereka langsung membalas di set kedua yang berlangsung sampai tiga kali deuce.

Jatim yang sudah unggul sejak awal harus menahan kemenangan mereka lantaran skor imbang 10-10. Jatim yang sudah unggul 11-10, kembali disamakan 11-11, dan Jabar berbalik unggul 11-12.

Harapan kembali hadir ketika Affan-Ficky menyamakan poin 12-12, dan akhirnya menyelesaikan set kedua denhan kemenangan 14-12.

Di set ketiga, pasangan Jawa Timur kembali kalah oleh Jabar dengan skor 8-11. Namun Jatim kembali menyamakan kedudukan 2-2 di set keempat dengan skor 11-5.

Set terakhir cukup menegangkan karena dua pasangan bermain saling smes keras dengan poin yang ketat. Hingga akhirnya Jatim memastikan kemenangan 11-9.

Dengan hasil ini, Jatim telah mengoleksi 1 emas, 3 perak, dan 1 perunggu di cabang olahraga tenis meja.

Baca juga: Tenis Meja - Kakak beradik Rina-Mira raih emas ganda putri untuk DKI

Baca juga: Tenis Meja - Pelatih sebut atlet butuh tingkatkan level di SEA Gaems