Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) ingin para pemain muda nasional unjuk gigi di turnamen pramusim IBL All Indonesian 2024 yang digelar tanpa pemain asing pada 22 September-6 Oktober 2024.

"Kejuaraan seperti itu bagus untuk pengembangan pemain muda," ujar Pelaksana tugas Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Ardima Rama Putra di Jakarta, Selasa.

Ardima pun menegaskan bahwa Perbasi mendukung agar turnamen tersebut digelar setiap tahun.

Sementara Direktur Utama Indonesian Basketball League (IBL) Junas Miradiarsyah mengatakan, pihaknya sudah siap melaksanakan IBL All Indonesian 2024 yang memperebutkan Piala Menora itu sudah siap untuk digelar di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kejuaraan yang sebelumnya digelar di Solo pada tahun 2022 dengan nama Indonesia Cup 2022 itu akan diikuti 14 tim IBL.

"Secara teknis pelaksanaan turnamen tahun ini relatif lebih mudah karena dilaksanakan hanya di satu kota. Tidak seperti sebelumnya kandang dan tandang. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana memanfaatkan kejuaraan ini semaksimal mungkin untuk mengembangkan talenta pemain muda lokal," tutur Junas.

Baca juga: Pelita Jaya beri kesempatan pemain muda di IBL All Indonesian 2024

IBL All Indonesian 2024 bergulir dengan mempertandingkan 14 tim yang dibagi ke dalam empat grup, di mana dua grup berisi masing-masing empat tim dan dua grup lainnya masing-masing-masing tiga klub.

Di Grup A ada Pacific Caesar Surabaya, Satria Muda Pertamina, Kesatria Bengawan Solo dan Satya Wacana Salatiga.

Grup B dihuni Rajawali Medan, Bima Perkasa Jogja, Rans Simba Bogor dan Prawira Harum Bandung.

Grup C beranggotakan Dewa United Banten, Amartha Hangtuah Jakarta dan Borneo Hornbills. Terakhir, Grup D, ada Tangerang Hawks Basketball, Pelita Jaya Jakarta dan Bali United Basketball Club.

Pihak IBL menyatakan, selama dua minggu pelaksanaannya, IBL All Indonesian 2024 memberikan waktu lima hari untuk para peserta yakni setelah penyisihan grup, seusai semifinal dan sebelum final.

IBL All Indonesian 2024 akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Ariotedjo, atau yang dikenal sebagai Dito Ariotedjo, pada Minggu (22/9).

Baca juga: Pacific lakukan pembenahan tim hadapi IBL All Indonesian 2024

Baca juga: IBL All Indonesian penting untuk sambut musim baru