Jakarta (ANTARA) – DAMRI mencatat jumlah penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) saat long weekend libur Maulid Nabi Muhammad tembus sebanyak 58.121 penumpang.





Terjadi peningkatan penumpang di arus mudik secara signifikan untuk moda transportasi AKAP pada 13 September 2024 sebanyak 9.418 tiket terjual dibandingkan hari sebelumnya 5.994. Untuk arus balik liburan terjadi pada 16 September 2024 dengan total penumpang mencapai 6 ribu orang.




Head of Corporate Communication DAMRI Atikah Abdullah mengatakan jumlah pengguna AKAP tercatat sebanyak 34.416 pelanggan yang melakukan perjalanan mudik dari wilayah Jabodetabek. "Selama libur panjang ini, rute DAMRI yang menjadi favorit pelanggan didominasi rute tujuan Jakarta - Wonosobo, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Purwokerto, dan Jakarta - Bandar Lampung," lanjutnya.




Sementara untuk moda transportasi KSPN sebanyak 8.152 pelanggan yang memanfaatkan DAMRI dalam perjalanan wisata didominasi di Yogyakarta, Serang, Mataram, hingga Medan. Tercatat 23.705 pelanggan menggunakan angkutan KSPN untuk melakukan perjalanan mencapai kawasan pariwisata.




"Angka ini menjadi dorongan bagi perusahaan untuk menarik perhatian dan minat masyarakat untuk berwisata menggunakan layanan DAMRI melalui penyediaan rute menuju KSPN dengan aman dan nyaman," ungkap Atikah.




Saat operasional, DAMRI menyediakan pramudi dengan melalui proses medical check up dan rampcheck armada. "Kami pun menyiapkan armada cadangan di titik-titik padat pelanggan untuk mengantisipasi kendala saat di perjalanan," jelas Atikah.




Penjualan tiket DAMRI yang tercatat mengalami peningkatan mendorong Perusahaan untuk konsisten meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Adapun, seluruh layanan DAMRI yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelanggan.