Medan (ANTARA) - Tim hoki outdoor putra Jawa Timur menutup langkah Jawa Barat untuk melaju ke babak final usai menang 2-0 dalam laga penyisihan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024- Aceh Sumut yang digelar di Lapangan Universitas Negeri Medan, Selasa.

Mimpi Jawa Barat ke babak final harus terhenti saat Jawa Timur mengawali golnya pada menit keempat melalui Arthur Blasius Wibowo pada kuarter pertama dan di perlebar pada menit 58 di kuarter terakhir melalui Rahmad Waluyo Jati Purwanto.

Pelatih Jawa Timur Fahril Al Farisi usai pertandingan mengatakan kemenangan melawan Jawa Barat membuka asa bagi tim yang dipimpinnya meraih medali perunggu di PON 2024.

"Kita bersyukur pada pertandingan ini meraih kemenangan. Kita akan bertemu lagi dengan Jawa Barat dalam perebutan medali perunggu. Semoga rezeky berpihak dengan kita," ujar Fahril Al Farisi.

Baca juga: Kaltim melenggang ke final hoki outdoor putra usai kalahkan Jatim

Dia membeberkan bahwa pihaknya menargetkan poin penuh dari Jawa Barat dengan menaikkan tempo permainan sehingga menutup kemenangan bagi tim lawan.

"Kami menargetkan kemenangan pada pertandingan ini agar mengantisipasi terhadap pertandingan nanti sore. Jadi kita harus mengambil kemenangan ini," kata dia.

Fahril mengaku cukup puas dengan permainan anak anak asuhnya yang bermain mendominasi penyerangan sehingga merepotkan tim lawan pada pertandingan ini.

Menurutnya, permainan anak-anak asuhnya secara keseluruhan sudah menerapkan instruksi pelatih yang sebelumnya telah diberikan.

Untuk itu, lanjut dia, bahwa tim yang dipimpinnya optimistis akan akan kembali meraih kemenangan pada perebutan babak perolehan medali perunggu di PON 2024.

Pihaknya kembali menerapkan pola strategi yang sudah dikembangkan anak anak asuhnya untuk meraih kemenangan tersebut.

Baca juga: Hoki outdoor putra Sumut gagal raih tiga poin imbang 1-1 dari Jatim

"Kita tetap bermain dengan menyerang meskipun sebenarnya target kita berada di grand final tetapi kita masih bersyukur masih berada di babak perebutan medali perunggu," ujar dia.

Dengan hasil tersebut Jawa Timur berada di posisi ke empat klasemen sementara dengan mengumpulkan tujuh poin dari lima pertandingan.

Sedangkan, Jawa Barat harus tetap berada di posisi ketiga yang mengumpulkan tujuh poin dari lima pertandingan. Jawa Barat harus merelakan babak final setelah gagal merebut posisi Sumatera Utara yang berada di posisi kedua dengan mengumpulkan delapan poin di klasemen sementara.

Baca juga: Papua dipastikan gagal pertahankan emas hoki outdoor putra