Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Subholding Gas PT Pertamina (Persero), menjaga kinerja perusahaan sepanjang semester I 2024 melalui inisiatif pertumbuhan dan integrasi infrastruktur gas bumi nasional.

Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan pada semester I 2024, pendapatan perusahaan tercatat 1,839 miliar dolar AS atau meningkat 3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy).

Sementara, beban pokok pendapatan meningkat hanya 1 persen menjadi 1,432 miliar dolar pada semester I 2024 dibandingkan 1,415 miliar dolar pada semester I 2023, sehingga laba kotor tercatat naik 11 persen menjadi 407 juta dolar dibandingkan 368 juta dolar yoy.

"Secara keseluruhan, perseroan telah menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan profitabilitas yang meningkat. Kami percaya dengan terus menjalankan strategi bisnis yang telah ditetapkan, melakukan pengelolaan operasional secara optimal dan efisien, serta penerapan manajemen keuangan dan manajemen risiko yang prudent, perseroan akan mampu menghadapi tantangan dan peluang," ujar Arief.

Demikian juga, laba operasi naik 3 persen menjadi 293 juta dolar dibandingkan 284 juta dolar yoy.

Di bottom line, laba bersih PGN tumbuh 28 persen menjadi 187 juta dolar pada semester I 2024 dibandingkan 145 juta dolar pada semester I 2023. Pencapaian EBITDA juga cukup stabil yaitu 578 juta dolar yang dikontribusikan dari penurunan laba selisih kurs dan beban penyusutan.

Pencapaian EBITDA dikontribusikan 75 persen dari segmen niaga gas, transmisi gas, dan lainnya, serta 25 persen dikontribusikan dari segmen hulu.

Sedangkan, lini bisnis niaga gas dan transmisi memberikan kontribusi 73 persen terhadap pendapatan perusahaan. Sebesar 11 persen dikontribusikan dari lini bisnis hulu (upstream) dan 16 persen sisanya adalah kontribusi lini bisnis lainnya.

Arief melanjutkan selama semester I 2024 pencapaian belanja modal tercatat 70 juta dolar, yang 44 persen penyerapan oleh segmen downstream dan lainnya, sedangkan 56 persen oleh segmen hulu.

Sepanjang semester I 2024, volume gas mayoritas berasal dari pipa atau sebesar 99,6 persen dan masih menjadi penopang utama kinerja perusahaan. Sedangkan, untuk komersialisasi LNG regasifikasi tercatat 0,4 persen.

Sementara, berdasarkan sumber gas, sebesar 38 persen berasal dari Pertamina Grup dan sisanya dari gas supplier lainnya termasuk Corridor Block.

Arief juga mengatakan infrastruktur pipa dan beyond pipeline akan menjadi skema andalan dalam optimalisasi pemanfaatan gas bumi, lantaran dari sisi operasional, secara umum pencapaian segmen niaga gas bumi juga dipengaruhi ketidakseimbangan supply dan demand.

Terdapat penurunan volume pasokan gas pipa akibat penurunan alami kondisi sumur dari pemasok di Sumatra dan Jawa serta adanya libur Lebaran pada kuartal II 2024, sehingga tantangan pasokan tersebut perlu diantisipasi dengan mulai menambah LNG.

"Perusahaan terus menjalankan strategi yang terukur dan sejalan dengan rencana pemerintah untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi sebagai energi transisi. Untuk itu, perusahaan melakukan sejumlah inisiatif di antaranya dengan membangun dan menambah infrastruktur gas bumi yang terintegrasi untuk mendorong perluasan segmen pengguna," ujar Arief.

Menurut dia, sejumlah inisiatif tersebut akan mendorong keandalan bisnis utama perusahaan secara berkelanjutan dan jangka panjang.

Pada saat yang sama, PGN tetap mengedepankan inovasi dan solusi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan para pelanggan termasuk salah satunya menghadirkan LNG di tengah menurunnya pasokan alami gas bumi di sejumlah sumur eksisting.

Sampai semester I 2024, jaringan pipa PGN tercatat sepanjang 13.319 km atau bertambah 626 km dengan total 821.245 pelanggan, yang terdiri atas 3.165 pelanggan industri dan komersial, 2.017 pelanggan kecil, dan 816.063 rumah tangga.

Arief menambahkan perseroan juga akan membangun pipa BBM melalui sinergi anak perusahaan PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina Patra Niaga (PPN) dengan pembangunan pipa BBM ruas Cikampek-Plumpang berskema build maintenance-transfer (BMT) dan berjangka waktu 10 tahun masa pengoperasian.

"Pembangunan pipa tersebut merupakan salah satu pengembangan portofolio bisnis Subholding Gas dalam lingkup bisnis infrastruktur khususnya transportasi energi melalui pipa. Saat ini, kami dalam proses penyusunan Perjanjian Penyediaan Jasa Pipanisasi BBM Cikampek-Plumpang antara Pertagas dan PPN. Infrastruktur ini akan memiliki kapasitas volume sebesar 4,6 miliar liter per tahun dengan panjang 96 km," sebutnya.

Baca juga: PGN-POSCO International tanda tangani studi bersama terkait CCS
Baca juga: PGN bangun 6.000 sambungan jargas di Semarang dan Yogyakarta