Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri menyampaikan bahwa kunjungan Satuan Gugus Tempur Angkatan Laut Italia ke Indonesia merupakan bagian dari strategi Eropa untuk Indo-Pasifik.

“Indo-Pasifik semakin penting bagi Eropa, juga bagi Italia, dan kehadiran satuan tempur ini merupakan bagian dari strategi (Eropa untuk Indo-Pasifik) … salah satunya adalah keamanan dan pertahanan,” kata Dubes Latteri pada konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Italia Laksamana Giuseppe Berutti Bergotto mengatakan bahwa penting bagi Italia untuk menciptakan hubungan yang erat dengan negara-negara di Indo-Pasifik, terutama Indonesia.

Bergotto menganggap bahwa Indonesia merupakan titik acuan di kawasan Indo-Pasifik dan menjadi saksi yang sangat penting untuk kegiatan Strategi Eropa untuk Indo-Pasifik.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Italia itu menilai bahwa dinamika pertahanan di wilayah Indo-Pasifik bisa berdampak sangat kuat pada wilayah lain, seperti di Laut Mediterania.

“Ada hubungan yang sangat kuat antara militer Indo Pasifik dan Samudra Atlantik Utara, yaitu sebuah koneksi (melalui Laut Mediterania),” katanya, menambahkan bahwa apa yang terjadi di salah satu wilayah sangat terkait dengan operasi militer di wilayah lain.

Bergotto juga menilai bahwa selain peran penting laut dalam mengatur iklim, menyediakan sumber pangan dan sebagai jalur transportasi dunia, laut juga menopang fondasi sosial budaya dan ekonomi, khususnya untuk Italia dan Indonesia yang sangat berkaitan dengan laut.

Bergotto juga menyebutkan bahwa kunjungan Satuan Gugus Tempur Angkatan Laut Italia, yang dikerahkan pertama kali pada Juni 2024, merupakan kampanye operasional pertama Italia di wilayah Indo-Pasifik.

“Ini adalah inisiatif strategis pertahanan Italia untuk meningkatkan kemampuan kami saat ini di wilayah ini (Indo-Pasifik),” ujar Bergotto.

Dia juga menganggap bahwa Satuan Gugus Tempur tersebut merupakan alat paling serbaguna dan fleksibel untuk memproyeksikan pengaruh kekuatan dalam skala global.

Satuan Gugus Tempur Angkatan Laut Italia berkunjung ke Jakarta, Indonesia pada 14-17 September 2024, dengan membawa kapal induk “Cavour”, kapal fregat “Alpino” dan kapal “Raimondo Montecuccoli”.

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikunjungi Satuan Gugus Tempur Angkatan Laut Italia sejak satuan tersebut dikerahkan pertama kali pada Juni 2024.

Baca juga: Indonesia kenalkan diplomasi angklung di Italia
Baca juga: Keindahan busana dari wastra nusantara diperagakan di San Polo Italia
Baca juga: Mendag: Indonesia jajaki perluasan ekspor Eropa via Pelabuhan Genova