Jakarta (ANTARA) - Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) ingin memasifkan perkembangan bola basket di Indonesia terutama di kalangan anak muda, salah satunya dengan membuka kantor perwakilan mereka di Jakarta yang diresmikan pada Selasa oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami ingin lebih banyak anak muda baik laki-laki maupun perempuan yang bermain bola basket," ujar Sekretaris Jenderal FIBA Andreas Zagklis usai peresmian Kantor FIBA di Menara Danareksa, Jakarta.

Andreas melanjutkan, FIBA yakin penambahan kuantitas pemain bola basket di Indonesia juga akan meningkatkan kualitas olahraga tersebut.

Oleh sebab itu, bukan cuma upaya untuk menyemarakkan bola basket di masyarakat, Andreas menegaskan bahwa FIBA juga akan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang sumber daya manusianya.

Baca juga: Presiden sambut baik kehadiran kantor FIBA di Indonesia

Satu hal yang menjadi sasaran FIBA adalah pencetakan banyak pelatih berkualitas supaya Indonesia memiliki lebih banyak pemain bola basket yang mumpuni.

"Tentu saja untuk itu kami akan bekerja sama dengan federasi kami di sini yaitu Perbasi," kata Andreas.

Selain itu, dia juga menyebut FIBA akan menyokong Perbasi dalam pengembangan tim nasional putra dan putri di berbagai kelompok umur hingga beragam turnamen bola basket di Indonesia.

Dengan demikian, FIBA bukan hanya membutuhkan kerja sama dengan FIBA, tetapi juga dengan semua pemangku kepentingan lain terutama pemerintah.

"Memperkuat federasi anggota, bola basket putri dan pembinaan atlet muda menjadi prioritas kami," kata Andreas.

Pelaksana tugas Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Ardima Rama Putra juga berharap hal yang serupa dari beroperasinya FIBA di Indonesia.

Bagi Ardima, keberadaan FIBA berdampak positif bagi dunia perbolabasketan nasional.

"Adanya kantor FIBA di Indonesia akan membawa dampak positif bagi dunia bola basket nasional baik dari sisi prestasi maupun industri. Kami berharap pula, hadirnya FIBA bisa semakin membudayakan olahraga bola basket di Indonesia tentunya bekerja sama dengan Perbasi dan dukungan dari pemerintah," tutur dia.

Peresmian Kantor FIBA di Jakarta membuat FIBA menjadi federasi olahraga internasional kedua yang memiliki kantor resmi di Indonesia setelah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Kantor FIFA di Indonesia, yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada November 2023, berada di Menara Mandiri II, Jakarta.

Baca juga: Peminat basket tinggi memacu FIBA buka kantor baru di Indonesia