Aceh Timur (ANTARA) - Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Jambi memastikan lolos ke semifinal nomor regu putri cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Selasa, Sulawesi Tengah melaju ke semifinal setelah mengalahkan Sulawesi Tenggara dengan skor 2-0 (15-13 dan 15-11).

Sedangkan Jambi, meraih tiket empat besar setelah mengalahkan Banten dalam permainan ketat berlangsung tiga set dengan skor 2-1 (15-9, 15-17, dan 15-13).

Di semifinal, Sulawesi Tengah sudah ditunggu Jawa Tengah yang lolos ke semifinal setelah mendapatkan bye. Sedang Jambi, berhadapan dengan Jawa Barat yang juga mendapatkan bye di babak perempat final.

Baca juga: Sepak takraw - Jawa Barat ke semifinal regu putri

Bertanding di Lapangan III, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara mempertontonkan permainan ketat. Kedua regu bermain saling mengejar poin di set pertama. Namun, Sulawesi Tengah mampu menutup pertandingan dengan kemenangan 15-13.

Bermain set kedua, Sulawesi Tengah melaju dalam pengumpulan poin. Di awal set pertama, Sulawesi Tengah langsung unggul 5-1. Keunggulan tersebut berlanjut hingga pertengahan set kedua dengan poin 7-3.

Sulawesi Tenggara yang tidak ingin ketinggalan poin terus berupaya menyamakan kedudukan. Anak-anak Sulawesi Tenggara mampu memperpendek jarak poin menjadi 10-11.

Namun, Sulawesi Tengah akhirnya terus melaju dalam pengumpulan poin hingga memenangkan pertandingan 15-11. Skor berubah menjadi 2-0. Kemenangan 2-0 tersebut memastikan Sulteng lolos ke semifinal.

Di partai perempat final lainnya, Jambi mengunci satu tiket semifinal setelah mengalahkan Banten dalam permainan ketat tiga set. Jambi menang 2-1 (15-9, 15-17, dan 15-13).

Bermain di Lapangan II, anak-anak Banten mampu mengimbangi permainan anak-anak Jambi. Banten sempat ketinggalan dalam pengumpulan poin 6-10. Namun, Banten mampu mengejar ketinggalan poin tersebut hingga 9-11.

Di akhir set pertama, anak-anak Jambi mengumpulkan empat poin beruntun. Jambi akhirnya memenangkan pertandingan set pertama dengan poin 15-9

Bermain di set kedua, kedua regu bersaing ketat dalam pengumpulan poin Banten sempat unggul satu poin atas Jambi 6-5. Keduanya terus mengumpulkan poin hingga imbang 13-13.

Saling kejar mengejar poin terus berlangsung hingga di akhir set kedua. Banten yang sempat unggul 14-13, tetapi disamakan 14-14 oleh Jambi. Namun, di tiga poin terakhir, Banten terus melaju dan menutup pertandingan set kedua dengan kemenangan 17-15.

Baca juga: Sepak takraw - Tim putri Sultra dan Jateng lolos ke perempat final
Baca juga: Sepak takraw - Nomor regu mulai dipertandingkan


Skor menjadi imbang 1-1, sehingga pertandingan dilanjutkan ke set ketiga. Di set ketiga, Jambi langsung unggul 5-1 di awal permainan. Namun, Banten terus berupaya mengejar ketertinggalan poin dan mampu menyamakan 7-7.

Saling kejar mengejar poin juga berlangsung di paruh kedua set ketiga. Kedua tim sempat bermain imbang dalam pengumpulan 13-13. Jambi akhir memenangi pertandingan tersebut dengan poin 15-13.

Amrial, pelatih Jambi, mengatakan kekuatan kedua tim berimbang. Namun, anak asuhnya bermain optimal, sehingga memenangkan pertandingan di babak gugur tersebut.

"Pada semifinal nanti, kami bertemu Jawa Barat. Jawa Barat merupakan tim kuat. Kami optimis mampu meladeni Jawa Barat, sehingga bisa memenangi pertandingan," kata Amrial.