Medan (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Wakapolda Sumut) Brigjen Pol Rony Samtana memastikan tidak ada alat berat di sekitar Stadion Utama Sport Center Sumut pada saat pelaksanaan upacara penutupan PON, Jumat (20/9).

"Kita sudah bisa memastikan pada saat penutupan nanti tidak akan lagi ada alat-alat berat. Tidak akan ada alat berat," kata Rony dalam konferensi pers bertajuk "Persiapan Pengamanan Penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON)" di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, kenyamanan para pengunjung pun akan terjamin sekaligus dapat memaksimalkan penggunaan lokasi di sekitar Sport Center Sumut, seperti terkait dengan lapangan parkir.

Hal tersebut disampaikan Rony untuk menanggapi pertanyaan wartawan mengenai langkah yang ditempuh Polda untuk mencegah terjadinya kerumunan kendaraan di sekitar lokasi upacara penutupan PON 2024, yakni Stadion Utama Sport Center Sumut, Desa Sena, Deli Serdang.

Baca juga: PB PON Sumut: Presiden Jokowi akan hadiri penutupan PON 2024

Sebelumnya dalam konferensi pers, Senin (16/9), Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Tahun 2024 Wilayah Sumut telah menyatakan bahwa Stadion Utama Sport Center Sumut siap digunakan sebagai lokasi penutupan PON.

"Stadion utama sudah siap untuk dilaksanakan fungsinya, fungsi daripada pelaksanaan closing ceremony," kata Ketua Bidang Upacara PB PON XXI Wilayah Sumatera Utara Mahfullah Pratama Daulay.

Mahfullah menjelaskan kesiapan itu dibuktikan dengan atap yang sudah terpasang 100 persen per 12 September 2024 pukul 15.00 WIB. Lalu, pemasangan lampu jalan dan lampu stadion telah rampung per 15 September 2024. Berikutnya, jalan di sekitar stadion yang telah diaspal, lapangan yang telah siap digunakan, bahkan fasilitas-fasilitas lainnya, seperti toilet dan ruangan ganti juga siap untuk digunakan.

"Ruas-ruas ruangan yang akan digunakan nantinya sebagai pelaksanaan penutupan acara seluruhnya sudah terfungsikan. Ini nantinya pengunjung untuk ke stadion, baik ke toilet, ruangan ganti, atau untuk pemanfaatan daripada seluruh pengisi acara, seluruhnya sudah berfungsi," ujar dia.

Baca juga: 1.123 personel gabungan diturunkan jaga penutupan PON
Baca juga: PB PON: Antisipasi hujan saat penutupan PON lewat modifikasi cuaca