Jakarta (ANTARA) - Investasi adalah salah satu cara dalam mengelola keuangan untuk persiapan di masa depan. Salah satu instrumen investasi yang aman dan dilindungi oleh UU di Indonesia adalah Surat Utang Negara (SUN) yang diterbitkan oleh pemerintah.

Bagi investor, Surat Utang Negara menyediakan penawaran untuk mendapatkan keuntungan yang stabil dengan risiko yang rendah.

Tak hanya itu, dengan berinvestasi di SUN, masyarakat atau lembaga juga dapat ikut mendukung pembangunan negara karena dana investasi tersebut digunakan oleh pemerintah untuk anggaran proyek infrastruktur dan kebutuhan negara lainnya.

Dalam cara membeli Surat Utang Negara. prosesnya cukup mudah dan dapat diakses oleh siapa saja, termasuk melalui platform online yang semakin mempermudah langkah-langkahnya.

Lalu, bagaimana cara membeli SUN? Berikut adalah langkah-langkah berinvestasi dengan membeli Surat Utang Negara yang dapat diikuti dengan tepat.

1. Registrasi investasi

Registrasi investasi dapat dilakukan melalui sistem elektronik mitra distribusi (Midis) yang terdiri dari lima bank umum yakni Mandiri, BCA, BNI, Permata Bank, dan BRI. Selain itu, juga dapat melalui perusahaan efek khusus yakni Bareksa dan Star Mercato Capitale, perusahaan fin-tech Investree, dan perusahaan efek Trimegah Securities.

Sebelum melakukan investasi, persiapkan berkas penting seperti KTP, nomor rekening dana, nomor rekening surat berharga, dan nomor Single Investor Identification (SID).

Jika belum memiliki nomor rekening dana, rekening surat berharga, dan SID, pembuatan dapat dilakukan melalui sistem pemesanan mitra distribusi pilihan Anda.

2. Pemesanan

Setelah registrasi, investor dalam melakukan pemesanan melalui sistem elektronik Midis. Pahami syarat dan ketentuan yang terdapat dalam memo informasi, masukkan nomor rekening dana, SID, dan rekening surat berharga. Setelah itu, pilih kategori SUN yang diinginkan.

Kemudian, input jumlah nominal surat hutang yang telah ditentukan untuk dibeli. Setelah memasukkan nominal, investor akan mendapatkan kode pembayaran melalui sistem Midis atau email.

3. Lunasi pembayaran

Gunakan kode pembayaran yang telah Anda terima untuk melanjutkan pelunasan pembayaran SUN. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, mobile banking atau ATM bank pilihan Anda sebelum batas waktu habis.

4. Verifikasi pembayaran

Selesai melakukan pembayaran, investor akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dari sistem elektronik Midis atau email. Kemudian, verifikasi kepemilikan SUN akan dikirim setelah diterbitkan pemerintah sesuai tanggal yang sudah ditentukan.




Baca juga: Bagaimana cara berinvestasi di Obligasi? ini penjelasannya

Baca juga: Mengenal obligasi negara, pengertian dan cara belinya

Baca juga: Cara investasi fixed income via bank: Deposito, obligasi, dan lainnya