Aceh Timur (ANTARA) - Tim Kalimantan Utara (Kaltara) melaju ke perempat final nomor regu putra cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut usai mengalahkan Lampung.

Bertanding di Gedung Idi Sport Center, Idi ibu kota, Kabupaten Aceh Timur, Selasa, Kalimantan Utara memastikan lolos ke babak gugur setelah mengalahkan Lampung 2-0 (17-15 dan 15-10) di babak penyisihan Grup C

Kalimantan Utara lolos ke perempat final dengan status sebagai peringkat dua Grup C. Sedangkan, juara Grup diraih Gorontalo dari dua kali kemenangan, yakni atas Lampung 2-0 (15-8 dan 15-4) serta menang dari Kalimantan Utara 2-0 (15-7 dan 15-5).

Di perempat final, Kalimantan Utara berhadapan dengan Sulawesi Tengah yang merupakan peringkat dua Grup B. Sedangkan Gorontalo, langsung ke semifinal karena mendapatkan bye atau tidak lawan di perempat final.

Di pertandingan lainnya, Riau memastikan diri menjadi juara Grup A setelah mengalahkan Jawa Tengah 2-0 (15-13 dan 15-18). Dengan kekalahan tersebut, Jawa Tengah menjadi peringkat dua grup dan lolos ke perempat final.

Di perempat final, Jawa Tengah berhadapan dengan Kepulauan Riau yang merupakan juara Grup B. Sedangkan Riau mendapatkan bye atau langsung ke semifinal tanpa bertanding di perempat final.

Baca juga: Sepak takraw - Riau dan Jateng kunci tiket nomor regu putra
Baca juga: Sepak takraw - Jawa Barat ke semifinal regu putri


Sementara itu, pertandingan penyisihan Grup A lainnya antara Aceh dan Sumatera Utara, dimenangkan tuan rumah Aceh dengan skor 2-0 (15-12 dan 15-12)

Pertandingan tersebut tidak menentukan lagi karena kedua regu tersebut gagal lolos ke perempat final setelah kalah dari Riau dan Jawa Tengah di babak penyisihan Grup A.

Sebelumnya, Koordinator Humas Cabang Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut Ilyas mengatakan nomor regu merupakan nomor terakhir dari lima nomor yang dipertandingkan, putra dan putri.

"Pertandingan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut menyisakan satu nomor lagi, yakni nomor regu. Nomor regu ini memainkan 31 pertandingan mulai penyisihan hingga partai final," kata Ilyas.

Baca juga: Sepak takraw - Tim putri Sultra dan Jateng lolos ke perempat final