Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyambut baik kehadiran kantor Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) di Indonesia, yang menjadi dukungan nyata percepatan peningkatan prestasi basket Tanah Air.

"Indonesia menyambut gembira, saya menyambut gembira akan kehadiran kantor FIBA di Indonesia, sebagai bentuk dukungan nyata dari FIBA dalam percepatan peningkatan prestasi olahraga basket di Indonesia," ujar Presiden dalam peresmian kantor FIBA di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa.

Presiden mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan dari FIBA pada Indonesia sehingga FIBA World Cup 2023 sukses terselenggara dan Indonesia tercatat sebagai salah satu penyelenggara yang terbaik.

Jokowi menekankan Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung bakat-bakat besar di bidang olahraga dengan melakukan pembinaan dan pelatihan, dengan menyelenggarakan event olahraga sebanyak mungkin.

Baca juga: Sejarah FIBA, induk olahraga bola basket dunia

Indonesia juga membangun venue-venue berstandar internasional, dan terus mempererat kerja sama dengan federasi internasional seperti FIBA sebagai induk olahraga basket dunia.

Pemerintah berharap berbagai upaya tersebut dapat melahirkan lebih banyak atlet-atlet yang andal, yang mampu mencetak prestasi, dan mengharumkan nama bangsa di event-event olahraga internasional.

Adapun pada Mei 2024 lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan pembukaan kantor FIBA menunjukkan kepercayaan internasional terhadap Indonesia, khususnya bola basket, semakin tinggi sehingga patut diapresiasi.

Dengan adanya kantor FIBA di Jakarta, kata Menpora, nantinya FIBA akan mendampingi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) untuk meningkatkan kualitas bola basket di Tanah Air.

Baca juga: Perbedaan peraturan basket antara FIBA dan NBA
Baca juga: FIBA puji penyelenggaraan Piala Dunia di Indonesia