Banda Aceh (ANTARA) - Cabang olahraga panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara kembali menggelar babak final memperebutkan medali emas di dua nomor pada Selasa sore.

Presiden Juri Cabang Olahraga Panjat Tebing PON XXI Aceh-Sumut Anugrah Agung Karokaro, di Banda Aceh, Selasa, menyebutkan dua nomor pertandingan yang final adalah boulder tim putri dan lead tim putra.

Final nomor boulder tim putri dijadwalkan berlangsung pukul 16.00-17.00 WIB, dilanjutkan final nomor lead tim putra pukul 17.30-18.30 WIB, dan upacara penghormatan pemenang (UPP).

Sebelum memasuki final, masih ada babak kualifikasi untuk kedua nomor yang dijadwalkan berlangsung pukul 09.00 WIB, tetapi diundur karena hujan.

"(Jadwal pertandingan, red.) Berubah, nanti di-'update' karena hujan. Berubah jam aja," kata Agung, seraya memastikan dua babak final tetap digelar di hari yang sama.

Baca juga: Panjat tebing - Papua salip Jateng di klasemen sementara

Pertandingan babak final akan berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 11 di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri, boulder perorangan putra dan putri, serta lead perorangan putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - Raviandi Ramadhani sumbang emas kedua buat Papua
Baca juga: Atlet panjat tebing Widia Fujiyanti isyaratkan rehat usai PON XXI