Jakarta (ANTARA) - PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Adaro) masuk dalam daftar bergengsi “TIME World’s Best Companies 2024” sebagai salah satu perusahaan terbaik global, dan menempati urutan ke-3 dari 5 perusahaan di Indonesia yang masuk daftar ini. "Kami merasa bangga dan bersyukur atas pengakuan yang diberikan TIME kepada Adaro sebagai salah satu perusahaan yang masuk daftar TIME World’s Best Companies 2024. Setelah pada tahun 2022 lalu bertransformasi menjadi tiga pilar baru, Adaro Energy, Adaro Minerals, dan Adaro Green, kami juga terus memperkuat komitmen terhadap ESG serta memberikan ruang bagi karyawan untuk mengembangkan potensi terbaiknya seiring pertumbuhan perusahaan," ujar Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Adaro Garibaldi Thohir di Jakarta, Selasa.

Daftar yang diterbitkan oleh TIME bekerja sama dengan Statista memberikan penilaian atas pencapaian dalam tiga aspek; kepuasan karyawan, pertumbuhan pendapatan, dan keberlanjutan.

Pencapaian ini membuktikan transformasi Adaro telah mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan di tengah berbagai tantangan, seraya terus melaksanakan komitmen terhadap penerapan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) maupun mendukung perkembangan karyawan.

“TIME World’s Best Companies 2024” mencakup perusahaan-perusahaan global dengan minimum pendapatan sebesar US$100 juta pada tahun fiskal 2023. Dalam penilaian penghargaan ini, Statista melakukan evaluasi kepuasan karyawan melalui survei global secara anonim terhadap 170.000 karyawan dari 50 negara, diikuti dengan analisis pertumbuhan pendapatan selama 3 tahun terakhir.

Perusahaan yang unggul dalam kepuasan karyawan dan pertumbuhan pendapatan kemudian dinilai berdasarkan KPI di bidang lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG).

Mempertimbangkan seluruh aspek tersebut, Adaro berhasil menjadi satu-satunya perusahaan di sektor energi dan infrastruktur di Indonesia yang masuk dalam daftar ini. Pada tahun 2023, selain mencatatkan pendapatan yang cukup memuaskan, Adaro Group membayarkan sekitar total 3 miliar dolar AS termasuk kewajiban royalti dan pajak dari tahun sebelumnya. Adaro juga mengintegrasikan faktor-faktor ESG ke dalam strateginya, untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan penciptaan nilai.

Baca juga: Adaro kucurkan Rp11,26 miliar beasiswa 100 mahasiswa ULM pada 2024

Sementara itu, untuk meningkatkan kepuasan karyawan, Adaro juga melakukan berbagai upaya berkesinambungan antara lain dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap karyawan untuk tumbuh dan mengembangkan potensi terbaiknya. Adaro akan terus melaksanakan komitmennya untuk mengembangkan sumber daya manusia terbaik dan membangun lingkungan kerja yang baik demi mewujudkan cita-cita Adaro untuk menjadi perusahaan yang lebih besar dan lebih hijau.

Baca juga: Ratusan warga pesisir Sungai Barito dapat paket bahan pokok dari Adaro

Economic Correspondent Majalah TIME Alana Semuels mengatakan, perusahaan-perusahaan besar ini telah memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat, serta menghasilkan keuntungan dan tetap menjaga kesejahteraan karyawan mereka, kenyataan bahwa mereka melakukannya adalah yang membedakan mereka dari perusahaan lain.