Jakarta (ANTARA) - Senam merupakan kegiatan aktivitas fisik yang baik untuk kebugaran tubuh. Dengan berbagai gerakan yang melibatkan otot dan sendi, senam dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kelenturan pada tubuh.

Dalam menjaga kesehatan dari berbagai penyakit, tidak hanya menjaga pola makan yang bergizi, perlu didukung dengan menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, seperti senam.

Rutinitas senam sangat baik untuk dilakukan, untuk mendapatkan hasilnya yang lebih optimal bagi tubuh.

Maka, berapa kali idealnya senam setiap minggunya?

Melansir dari helIosehat.com, menurut rekomendasi Center for Disease Control and Prevention, orang dewasa perlu berolahraga 150 menit per minggu untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Ini bisa dicapai dengan dilakukan tiga hingga lima kali dalam seminggu, selama 30 hingga 60 menit per sesi, sesuai kebutuhan dan waktu olahraga Anda.

Waktu ini dianggap umum dilakukan dan cukup untuk memberikan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Namun, waktu berolahraga kembali lagi tergantung jenis olahraga apa yang dilakukan, seperti olahraga berat atau ringan.

Bagi melakukan senam termasuk salah satu olahraga ringan dan mudah dilakukan bagi berbagai kalangan. Sehingga senam menjadi olahraga populer dan trending dalam menjaga kesehatan tubuh.

Senam perlu dilakukan dengan frekuensi yang ideal, tidak kurang maupun berlebihan, sebab berlebihan pun dalam olahraga juga tidak baik untuk tubuh karena dapat kelelahan hingga mengalami cedera.

Senam idealnya dianjurkan dilakukan dalam satu hingga tiga kali dalam seminggu, selama 30 menit dalam seharinya.

Melakukan senam dapat meregangkan anggota tubuh, meningkatkan detak jantung dan mengandung oksigen yang mengalir ke jantung dan otot. Sehingga, tubuh akan terasa lebih baik dan bugar.

Selain itu, pernapasan akan lebih rileks dan dapat memicu hormon endorfin yang dapat memberikan rasa bahagia dan mengubah situasi hati jadi lebih baik.

Senam yang dilakukan secara rutin memberikan banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh yakni sebagai berikut.
1. Menguatkan otot, tulang, dan sendi

2. Melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh

3. Menghindari risiko penyakit jantung

4. Menghilangkan stress

5. Memperbaiki bentuk tubuh menjadi lebih baik

6. Menjaga berat tubuh yang ideal

7. Meningkatkan kebugaran dan stamina tubuh

8. Menumbuhkan rasa percaya diri

Senam biasanya dapat dilakukan di luar atau di dalam ruangan, dengan kelompok dan bersama-sama secara kompak dan irama lagu yang ditentukan.

Baca juga: Apa gunanya peregangan dan pendinginan dalam senam?

Baca juga: Senam lantai, pengertian dan manfaatnya

Baca juga: Senam kegel, manfaat dan ciri gerakannya